4 Tips Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh untuk Redakan Nyeri Haid

Endah Wijayanti13 Jan 2020, 07:45 WIB
bangun pagi

ringkasan

  • Sehari Minimal 6 Gelas Air Putih
  • Hindari Minuman Berkafein
  • Minum Air Kaldu Tulang
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Nyeri haid atau kram perut saat haid memang sangat menyiksa. Sulit untuk bisa beraktivitas dengan normal. Kita sering mendengar bahwa minum banyak air putih dapat bantu redakan nyeri haid. Namun, ada sejumlah tips yang lebih efektif untuk bantu redakan nyeri haid yang berkaitan dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Kita bisa memulainya dari cara yang menurut kita paling mudah. Selain itu bisa diimbangi juga dengan istirahat dan olahraga cukup untuk membuat tubuh lebih nyaman selama haid.

1. Sehari Minimal 6 Gelas Air Putih

Minum air putih disarankan setidaknya 6 gelas sehari. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas harian. Saat sedang haid, umumnya kita perlu minum 6-8 gelas air putih. Bukan berarti harus langsung menghabiskan 6 gelas dalam sekali minum. Bisa dijeda setiap beberapa jam sekali agar tidak kembung. Sebab bila perut kembung, nantinya bisa membuat gejala nyeri haid makin tidak nyaman.

2. Hindari Minuman Berkafein

Dilansir dari onhealth.com, menghindari kafein dapat membantu redakan nyeri haid. Kafein ini tak hanya yang ada pada kopi, tapi juga yang ada pada soda dan minuman berenergi. Bila dalam keseharian kita terbiasa minum kopi, ada baiknya konsumsinya dikurangi saat sedang haid. Sebagai gantinya, bisa coba konsumsi smoothies yang mengandung sayuran kaya anti oksidan dan aneka buah beri. Minum minuman berkafein akan membuat kita rentan dehidrasi karena sifat kafein yang menyebabkan efek diuretik (membuat frekuensi buang air kecil lebih sering).

3. Siapkan Infused Water

Infused water mentimun dan mint
Infused water mentimun dan mint. (Foto: shutterstock)

Bila minum air putih biasa terkesan membosankan, kita bisa membuat variasi dengan menyiapkan infused water. Kita bisa menggunakan irisan mentimun, daun mint, dan irisan buah lemon untuk membuat infused water yang segar.

4. Minum Air Kaldu Tulang

Minuman yang hangat bisa bantu kurangi rasa sakit dan nyeri haid. Joyce Faraj, PhD, RDN, CDN, ahli gizi di Mountainside seperti yang dikutip dari bustle.com mengungkapkan bahwa air kaldu tulang bisa bantu meredakan nyeri haid. Air kaldu tulang merupakan salah satu sumber asam amino anti inflamasi yang baik. Bisa diminum saat sedang nyeri haid untuk meredakan rasa sakitnya.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu dan memudahkanmu meredakan nyeri haid yang kamu rasakan, ya. Mencukupi cairan tubuh memang menjadi langkah awal untuk bantu redakan rasa sakit dan nyeri haid.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓