Tips Membuat Bubur Nasi yang Pulen Lembut dan Tidak Lembek

Febi Anindya Kirana08 Jan 2020, 16:15 WIB
bubur nasi

Fimela.com, Jakarta Ketika musim hujan dan tubuh sedang rentan sakit, pasti salah satu makanan yang pas untuk menghangatkan badan adalah bubur. Bubur nasi bisa dibuat sendiri di rumah, namun terkadang orang kesulitan membuat bubur nasi yang pulen lembut tanpa menjadi benyek atau lembek.

Terkadang jika bubur terlalu benyek juga tak enak dilihat dan dinikmati karena terlalu berair. Ini caranya membuat bubur yang tidak terlalu lembek.

1. Beras pulen

Ada banyak jenis beras yang dijual di pasar, pilih jenis beras yang lembut atau pulen setelah matang. Berbeda dengan beras pera atau yang lebih cocok dijadikan nasi goreng karena hasilnya lebih kering dan kasar.

2. Perhatikan penambahan air

bubur ayam
copyright By MSPT (Shutterstock)

Setelah dicuci bersih dan akan dimasak, perhatikan penambahan air dan kaldu pada bubur. Jika biasanya aturan menambahkan air saat memasak nasi di rice cooker cukup di atas satu ruas jari, ketika memasak bubur, tambahkan lebih banyak. Setelah agak matang, aduk dan tambahkan lagi sedikit demi sedikit.

3. Masak dengan api kecil

Ini poin yang tidak kalah penting terutama agar nasi tidak gosong atau menempel. Prosesnya harus sabar karena nasi harus diaduk terus agar nasi matang merata, mengeluarkan pati yang kental hingga airnya menyusut dan nasi berubah jadi bubur.

Itu dia sekian cara yang bisa diterapkan jika ingin membuat bubur nasi yang pulen dan lembut tapi tidak terlalu lembek dan benyek.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓