Tips agar Bumbu Balado Tidak Langu dan Rasanya Lebih Keluar

Febi Anindya Kirana10 Jan 2020, 17:15 WIB
bumbu balado

Fimela.com, Jakarta Ketika masak makanan dengan bumbu balado, pernahkah kamu merasa bumbunya terasa langu dan tidak begitu sedap? Meski tampaknya masak makanan dengan bumbu balado itu mudah, namun ternyata dibutuhkan trik juga. Beberapa orang mengalami hasil bumbu balado tidak sesedap yang ia bayangkan. Ini caranya agar bumbu balado tidak langu dan rasanya lebih keluar.

1. Banyak bumbu

Untuk mendapatkan bumbu dengan rasa yang kuat, jangan ragu menambahkan banyak bumbu. Bumbu dasar balado adalah cabai merah, cabai rawit, bawang putih dan bawang merah, namun bumbu akan lebih kaya rasa jika menambahkan lengkuas, daun salam dan serai sebagai bumbu utuh yang cukup digeprek.

2. Ulek bumbu

Resep Ikan Patin Goreng Bumbu Balado
ilustrasi Resep Ikan Patin Goreng Bumbu Balado/copyright By pixelbleed (Shutterstock)

Banyak orang malas menghaluskan bumbu dan memilih memblender. Namun sebenarnya bumbu akan terasa lebih sedap jika dihaluskan dengan cara menguleknya. Jika tak ingin memudahkan ketika mengulek bumbu, potong-potong dulu bumbu dan tambahkan gula dan garam. Tekstur kasar gula dan garam membantu bumbu lebih cepat halus.

3. Tumis hingga matang

Tuang minyak yang cukup, dan tumis bumbu hingga matang. Tidak cukup hanya keluar aroma harum dan sedap saja, bumbu harus matang jika tak ingin terasa langu. Bumbu yang belum matang biasanya warnanya kurang pekat. Tumis terus hingga bumbu memiliki warna pekat yang cantik, namun jangan sampai gosong. Menumis hingga matang juga akan membuat rasa bumbu lebih kuat dan keluar.

Itu dia sekian cara agar bumbu balado tidak langu dan lebih terasa kuat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓