Justin Bieber Alami Lyme, Pahami Penyakit yang Satu Ini

Nabila Mecadinisa13 Jan 2020, 14:30 WIB
Justin Bieber

ringkasan

  • Kutu menjadi penyebab utama seseorang menderita Lyme
  • Waspadai gigitan kutu yang bisa menimbulkan penyakit Lyme seperti yang dalami Justin Bieber
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Justin Bieber baru saja memberi pengumuman mengejutkan. Ia menyampaikan bahwa dirinya didiagnosa mengidap penyakit Lyme yang sangat mempengaruhi hidupnya. Seperti yang dilansir dari CNN.com, penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang ditularkan oleh kutu.

Justin Bieber mengungkapkan bahwa "Mereka gagal menyadari bahwa saya baru-baru ini didiagnosa dengan penyakit Lyme. Bahkan kasus ini sangat serius karena berpengaruh pada kulit, fungsi otak, dan energi, serta kesehatan secara menyeluruh," ungkapnya yang diumumkan pada akun Instagram miliknya pada Jumat (10/01/2020).

Guna kesembuhannya, Justin Bieber menjalani perawatan agar penyakitnya dapat teratasi dengan baik. Walau secara medis penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun setidaknya, Bieber akan berusaha memulihkan kondisi tubuhnya.

Alami penyakit Lyme, Justin Bieber ungkap perasaanya

Penyakit Lyme yang diderita Justin Bieber disebabkan oleh kutu rusa. Kutu tersebut terinfeksi bakteri borrelia burgdorferi atau borrelia mayonii. Gejalanya biasanya berupa demam, sakit kepala, rasa lelah, ruam kulit Eritema Migrans yang dimulai pada area gigitan kutu dan terus meluas.

Seperti yang dikutip dari Web MD, tahap awal untuk mengatasi Lyme bisa menggunakan antibiotik, dan biasanya akan berhasil teratasi. Namun bila penyakit ini sudah kronis, maka harus mendapatkan antibiotik oral, infus, dan perawatan lainnyaa.

Hingga kini masih banyak perdebatan akan kesembuhan dan penanganan penyakit ini, namun walau sebagian besar kasus Lyme bisa teratasi, namun sejumlah pasien juga masih merasakan gejala yang bertahan hingga berbulan-bulan dan bertahaun-tahun setelah pengobatan.

Sebagai tindakan pencegahan, gunakan semprotan anti serangga dan nyamuk di rumah, dan jagalah kebersihan pakaian hingga rumah yang jadi media terbaik untuk kutu bersarang.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓