Langkah untuk Sembuhkan Hubungan Cinta yang Tak Sehat

Nabila Mecadinisa13 Jan 2020, 15:30 WIB
Diperbarui 13 Jan 2020, 15:30 WIB
Ilustrasi pasangan romantis

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti tak ingin terjebak dalam hubungan cinta yang buruk. Tapi faktanya, untuk wujudkan hubungan yang sehat tentu tak semudah itu. Sejumlah cara bisa dilakukan untuk menjadikan hubungan lebih sehat.

Seperti yang dilansir dari liveaboutdotcom, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk jauhkan perpisahan dalam hubungan

Sebagaimana usaha kamu untuk memulihkan dan mempertahankan sebuah hubungam ingatlah bahwa tak semua yang terjadi adalah salah pasangan. Refleksikan diri untuk mengetahui sejauh mana kontribusi diri kamu dalam sebuah hubungan. Lalu mulailah untuk menerapkan 4 langkah berikut untuk memperthankan hubungan kamu agar kembali hidup dan lebih sehat. Lalu, penasaran bagaimana caranya?

 1. Bertanggung jawab

Hubungan yang buruk tak akan terjadi begitu saja. Biasanya, dimulai dengan sejumlah kebiasaan yang akhirnya membentuk hubungan tersebut jadi tak sehat. Tapi jangan disesalkan, karena masih ada sejumlah cara yang bisa dilkukan untuk membenahinya. Pertama, kamu harus membuka diri untuk bertanggung jawab pada apa yang terjadi dalam hubungan.

Cara untuk menerima dan membuka diri bisa dilakukan dengan introspeksi, meditasi, dan mulai berlapang dada atas apa yang terjadi di dalam hubungan. 

Cara memperbaiki hubungan yang tak sehat

pasangan cinta
Perbaiki hubungan yang tak sehat dengan cara ini /Photo by Seth Reese on Unsplash

2. Pertanyakan kembali apa yang kamu yakini

Banyak orang yang percaya bahwa hubungan yang sukses adalah hubungn sehat. Tapi percayalah, setiap hubungan pasti akan mengalami sejumlah kendala. Intinya, dalam menjalani hubungan percayalah atas keyakinannmu dan tujuan pada sebuah hubungan. Hal tersebut akan kembali membawa diri kamu ke dalam hubungan yang kamu harapkan.

3. Hilangkan kebiasaan buruk

Sebuah kebiasaan buruk menjadi penyakit dalam hubungan. Evaluasi lagi kebiasaan buruk kamu dan pasangan. Tuliskan dengan jelas dan usahakan untuk mengatasinya dengan baik dengan cara tidak membiarkan kebiasaaan itu terjadi lagi. Dengan cara ini, perlahan hubungan akan lebih baik.

4. Ciptakan koneksi yang sehat

Ya, koneksi yang hebat adalah kunci hubungan yang kuat. Jalin komunikasi dan hilangkan rasa gengsi serta sikap-sikap egois yang merusak hubungan. Rela berkorban secara seimbang dan ikhlas menjadi kunci dari hubungan yang sehat. Selalu ungkapkan apa yang kamu rasakan dan jalin komunikasi yang baik dan terbuka bersama pasangan sehingga kamu jug tahu atas perasaan yang dialaminya.

Dengan 4 cara di atas, tentunya akan semakin membuka peluang bagi kamu dan pasangan agar dapat menjalani hubungan yang lebih baik. 

 

#GrowFearless with Fimela.com

Lanjutkan Membaca ↓