Menjalani Keseharian sebagai Ibu Rumah Tangga Butuh Adaptasi

Endah Wijayanti13 Jan 2020, 11:45 WIB
insomnia saat hamil

Fimela.com, Jakarta Tahun baru, diri yang baru. Di antara kita pasti punya pengalaman tak terlupakan soal berusaha menjadi seseorang yang lebih baik. Mulai dari usaha untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan, menjalin hubungan, meraih impian, dan sebagainya. Ada perubahan yang ingin atau mungkin sudah pernah kita lakukan demi menjadi pribadi yang baru. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Change the Old Me: Saatnya Berubah Menjadi Lebih Baik ini.

***

Oleh: Adriani Salwa - Jakarta Selatan

Halo, perkenalkan namaku Salwa. Aku tinggal di Jakarta. Di tulisan singkat ini, aku ingin berbagi tentang ceritaku untuk apa yang akan kulakukan dan ingin kucapai di tahun 2020 ini. Bagiku, untuk memiliki perubahan besar dalam hidup bisa dimulai dar hal terkecil dulu.

Tahun 2019 lalu ada tahun yang banyak mengubah tentangku dan kehidupanku sebelumnya. Pada tahun itu, alhamdulillah aku sudah menikah dan langsung dikaruniai buah hati dalam kandunganku. Saat lima bulan usia kandunganku, aku memutuskan untuk menjadi seorang ibu rumah tangga.

Sesungguhnya itu ada pilihan yang berat untukku, tapi aku disarankan dokter untuk full bed rest agar kandunganku dan aku menjadi lebih kuat saat berjalannya waktu lahiran akan tiba. Bagamana tidak berat keputusan tersebut untukku karena aku adalah wanita yang sangat senang beraktivitas di luar rumah, mengejar karier, dan cita-cita.

Beradaptasi dengan Keseharian

Kehamilan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Daviniczl

Aku harus beradaptasi dengan keseharianku yang tak biasa. Namun, lama kelamaan diriku menjadi seorang yang sangat insecure. Rasanya tak punya teman, jarang sekali keluar rumah, tak pernah bertemu orang baru dan dampak dunia sosial sangat mengancam diriku karena aku menjadi seorang yang iri melihat segala hal. Aku iri dengan kebahagiaan yang dimiliki wanita d iluar sana, seperti kariernya, cantiknya, dan kebebasannya. Aku selalu membandingkan dengan diriku yang rasanya tidak seperti diriku sebelumnya. Bagiku itu adalah masa-masa adaptasi pada kehidupan baruku dalam berumah tangga.

Pada tahun 2020 ini, aku ingin mengubah diriku menjadi wanita yang lebih percaya diri, berani keluar dari zona nyaman. Berani untuk banyak berkenalan dengan orang baru, lebih bersyukur setiap harinya tanpa membandingkan kehidupan nyata di dunia dengan dunia maya. Berani unjuk gigi tentang kelebihan yang kumiliki dan membuktikan bahwa menjadi seorang ibu rumah tangga adalah hal yang sangat membanggakan dan bisa menghasilkan.

Aku sangat ingin mengispirasi wanita khususnya untuk para ibu rumah tangga bahwa mereka juga bisa berkembang dan berkarya walau hanya di dalam rumah setiap harinya. Aku tahu banyak sekali ibu rumah tangga lainnya yang mengalami hal yang sama sepertiku.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓