Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Buruk di Kantor yang Harus Dihindari

ringkasan

  • Tanpa disadari, sikap yang kita tunjukan ketika bekerja diam-diam dinilai oleh rekan kerja atau atasan kita
  • Penilain sikap kita bisa jadi menjadi pertimbangan atasan ketika evaluasi performance

Fimela.com, Jakarta Tanpa disadari, sikap yang kita tunjukan ketika bekerja diam-diam dinilai oleh rekan kerja atau bahkan atasan kita. Dari sikap tersebut tentu dapat mencerminkan bagaimana kepribadiaan kita sebenarnya.

Penilain tersebut bisa jadi menjadi pertimbangan atasan ketika evaluasi performance. Untuk mengindari penilain buruk, mari kita intip apa saja kebiasaan yang harus dihindari ketika bekerja agar kita lebih berhati-hati.

Dilansir dari Jobstreet.com, berikut ulasannya,

1. Suka ribut sendiri

Hal ini dapat membuat orang terganggu, ketawa-ketawa atau ngobrol lama, sampai akhirnya lupa waktu dan tidak mengerjakan tugasnya. Tanpa sadar suaramu dapat mengganggu konsentrasi orang lain.

Boleh untuk ngobrol atau bercanda, tapi coba tempatkan pada waktu yang benar misalnya ketia jam istirahat. Ngobrol boleh tapi harus tahu batasnya. Jangan menunggu sampai ditegur oleh atasan.

2. Tidak tepat waktu

Waktu itu sangat berharga, keseringan menyia-nyiakan waktu dapat membuat kerjamu menjadi tidak produktif. Sering datang telat saat masuk kantor atau telat sehabis istirahat membuatmu dilihat sebagai orang yang malas dan tidak menghargai waktu.

Ketika sudah mendekati waktu deadline, coba bereskan pekerjaan sehingga tidak terlambat untuk mengumpulkan laporannya. Begitu juga saat datang meeting, jangan biarkan orang lain membuang waktunya untukmu. Jika terus terlambat, waktu antara pekerjaan dan kehidupan akan menjadi kacau karena terpaksa lembur untuk mengerjakan tugas-tugas yang tertunda. Akibatnya waktu untuk diri sendiri dan keluarga pun makin berkurang.

3. Melakukan hal pribadi saat jam kerja

Belanja online, stalking teman di media sosial, atau main game, jelas membuat pekerjaan terhambat. Kebiasaan buruk ini sebaiknya ditinggalkan. Hal ini dapat memberikan pandangan negatif dari teman-teman kantormu, apalagi kalau ketahuan atasan.

Jika hal pribadi tersebut bersifat penting, seperti anak sakit atau bencana alam, maka hal tersebut masih bisa dimaklumi. Tetapi jika hanya sekedar gosip atau demi kesenangan sendiri, usahakan menahan diri dan kegiatan tersebut dihindari. Boleh untuk intermeso sesaat, tapi jangan sampai lupa waktu yang mengakibatkan pekerjaanmu menumpuk.

4. Terlalu negatif

Tanda-tanda terlalu negatif adalah ketika sahabat Fimela selalu pesimis dan tidak bersemangat atas apa yang kamu atau orang lain lakukan. Selalu merasa bahwa kamu tidak akan pernah berhasil. Selalu merendahkan pandangan orang lain, selalu memikirkan hal yang buruk, dan tidak pernah melihat hal yang baik.

5. Suka mengambil barang milik orang lain

Ketika meminjam barang orang lain, jangan lupa untuk selalu minta ijin dan mengembalikannya. Barang tersebut ada, karena pemiliknya membutuhkannya. Pemilik barang yang dipinjam terus-terusan, lama kelamaan akan merasa terganggu. Sama halnya dengan makanan, jika selalu merasa lapar di kantor, pastikan menyediakan snack. Jangan sampai ketika kelaparan, memakan semua snack milik temanmu yang mungkin menyiapkan stok untuk dirinya sendiri kalau kelaparan dan tidak enak menolak permintaanmu.

Meminta sesuatu harus dalam batas wajar, dan hindari mengambil jika tidak ditawarkan. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan barang milik orang lain. Kebiasaan seperti ini tidak mudah hilang. Jika memiliki kebiasaan ini, sebaiknya segera diperbaiki karena akan terus terbawa kedepannya.

Apakah sahabat Fimela punya kebiasaan seperti di atas? Jika ya, berarti harus lebih berhati-hati dalam bersikap di kantor. Jangan sampai kebiasan tersebut berdampak buruk pada kariermu ya.

 

#Growfearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading