4 Cara Membuat Bawang Goreng yang Lebih Renyah

Endah Wijayanti16 Jan 2020, 08:15 WIB
tips membuat bawang goreng

Fimela.com, Jakarta Bawang goreng bisa jadi taburan serba guna. Aneka hidangan dan lauk bisa terasa makin sedap dan gurih dengan taburan bawang goreng. Membuat bawang goreng sebenarnya sederhana, tapi bila ingin hasilnya lebih renyah ada tips yang bisa dicoba.

Untuk membuat bawang goreng yang lebih renyah, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Kita bisa menambahkan bahan tertentu untuk menghasilkan tekstur yang lebih renyah. Selengkapnya, langsung saja simak tips dan caranya yang bisa dicoba berikut ini.

1. Menambahkan Tepung Tapioka

Bawang merah yang diiris tipis direndam dalam air garam. Setelah itu, bawang merah ditiriskan dan ditaburi dengan tepung tapioka sampai tercampur rata. Panaskan minyak, goreng bawang dengan api sedang sampai kecokelatan. Bawang goreng renyah bisa disimpan dalam wadah bertutup rapat untuk stok di rumah.

2. Menambahkan Tepung Maizena dan Tepung Beras

Bawang merah yang sudah dicuci bersih diiris tipis. Sementara itu, siapkan tepung maizena dan tepung beras yang dicampur rata. Taburkan tepung ke bawang merah iris sampai merata. Siapkan wajan, panaskan minyak dengan api sedang. Goreng bawang sambil sesekali diaduk supaya matangnya merata. Angkat dan tiriskan.

3. Menambahkan Tepung Maizena dan Baking Powder

bawang goreng
Ilustrasi bawang goreng./Copyright shutterstock.com

Bawang merah yang sudah diiris direndam dengan air garam selama sekitar 10 menit. Lalu, cuci bersih supaya getahnya hilang. Siapkan tepung maizena dan baking powder (rasionya bisa 1 sdm tepung maizena dan 1 sdt baking powder). Taburkan ke bawang merah sampai rata. Goreng dengan api sedang hingga tampak kekuningan. Angkat dan tiriskan.

4. Menambahkan Cuka

Bawang yang sudah dicuci, diiris tipis. Lalu tuangkan cuka, aduk rata dan diamkan selama 5 menit. Untuk 500 gram bawang goreng, bisa menggunakan 4 sdm cuka. Setelah itu, bilas dan cuci hingga bersih. Goreng bawang dengan minyak sedang sampai kekuningan.

Sangat disarankan untuk menggunakan miyak banyak dalam menggoreng bawang sambil sesekali diaduk supaya matangnya merata. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓