Semakin Bertambah Usia, Semakin Menyadari Pentingnya Tubuh Sehat

Endah Wijayanti17 Jan 2020, 13:45 WIB
mantan yang berjasa

Fimela.com, Jakarta Tahun baru, diri yang baru. Di antara kita pasti punya pengalaman tak terlupakan soal berusaha menjadi seseorang yang lebih baik. Mulai dari usaha untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan, menjalin hubungan, meraih impian, dan sebagainya. Ada perubahan yang ingin atau mungkin sudah pernah kita lakukan demi menjadi pribadi yang baru. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Change the Old Me: Saatnya Berubah Menjadi Lebih Baik ini.

***

Oleh: Ivon Emilia - Jakarta

Suatu ketika, seorang teman yang telah berusia lanjut bertanya kepada saya, ”Ivon, kamu tinggal sendirian di rumah, apa tidak kesepian?” Saya menggelengkan kepala dan beliau melanjutkan, “Saat nanti kamu seumur saya, kamu akan menyadari betapa menakutkannya kesunyian.”

Kini saya tengah berproses menjadi tua dan tiba-tiba kata-kata teman tersebut mencuat dalam ingatan. Saat ini mungkin saya belum merasakan benar-benar arti kesepian karena masih menikmati kesendirian. Namun fisik yang tidak sekuat dulu membuat saya menyadari, menjadi tua sangat melelahkan. Berjalan jauh sebentar, ngos-ngosan. Banyak hal yang harus dikerjakan, banyak pula yang terlupakan. Barang-barang yang mestinya dibawa saat bepergian, pasti ada yang ketinggalan. Lapar sedikit, gemeteran. Ada masalah sedikit sekali pun, selalu kepikiran. Huffft! Tapi mau tidak mau, suka tidak suka, cepat atau lambat, pada akhirnya kita semua akan menjadi tua dan harus menjalaninya.

Menjaga Kesehatan Tubuh

tips olahraga langsing
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Untuk saat ini setidaknya saya boleh bersyukur karena masih bisa tidur nyenyak dan makan enak. Masih punya indra yang lengkap dan masih memiliki pekerjaan tetap. Masih diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menikmati hidup ini dan yang terpenting adalah menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari ke hari.

Dan di tahun 2020 ini saya punya resolusi. Suatu janji yang tahun lalu belum seluruhnya terpenuhi namun di tahun ini saya harus lebih mendisiplinkan diri untuk menjalankan pola hidup sehat, yaitu dengan cara mengurangi makanan manis dan asin, tidur lebih awal, dan mulai melakukan olah raga lagi. Selain itu saya juga ingin lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa supaya tetap ‘eling’ dan ‘waspodo’. ‘Eling’ atau tetap mengingat bahwa hakekat manusia harus introspeksi dan ‘waspodo’ atau waspada/berhati-hati terhadap tutur kata dan perilaku karena apa yang kita tabur akan kita tuai.

Resolusi yang ingin saya capai di tahun 2020 ini bukanlah tanpa alasan, bukan karena ingin ikut-ikutan, ataupun sekadar catatan. Hal ini karena saya menyadari bahwa menjadi orang tua yang sehat lahir dan batin itu harus diperjuangkan. Jadi bukan sekedar wacana ‘saya ingin sehat’ tapi tidak melakukan apa-apa. Semoga ke depannya saya pun bisa menjadi insan yang lebih bijaksana. Amin.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓