Sukses

Lifestyle

Manfaat Aneka Kacang bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Sebagian orang yang memilih pola makan plant base, menjadikan aneka kacang-kacangan menjadi salah satu menu pokok setiap hari. Kacang mengandung nutrisi sehat, gizi dengan banyak manfaat untuk tubuh.

Ada banyak jenis kacang yang tersebar di seluruh dunia. Seperti, kacang merah, kacang putih, kacang tanah kacang hitam, kacang lima, dan banyak lagi jenis lainnya yang tersedia di pasaran. Melansir dari thelist.com, berikut berbagai manfaat yang dimiliki kacang dan baik untuk tubuh kita.

Mengkonsumsi kacang setiap hari dapat menurunkan berat badan

Umumnya, banyak orang berusaha menurunkan berat badan agar terlihat lebih ideal. Salah satu caranya adalah dengan olahraga atau melakukan diet makanan. Banyak sekali pilihan diet di luar sana, mulai dari mengikuti diet keto, menghitung kalori yang masuk, hingga beralih ke makanan nabati sepenuhnya.

Menurut Jamie Hickey, pelatih dan ahli gizi, makanan berbahan dasar kacang-kacangan dapat mengenyangkan perut lebih lama. Hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan kombinasi serat, protein, dan karbohidrat yang terkandung dalam kacang.

Kacang dapat menurunkan kolestrol

Sangat penting untuk memantau kadar kolesterol dengan tes darah setiap empat hingga enam kali dalam setahun. Dengan begitu, kamu dapat menghindari risiko memiliki kolesterol tinggi.

Jika kamu berkolesterol tinggi atau ingin menurunkannya, kurangi asupan makanan yang memiliki kolestrol tinggi dan konsumsi kacang setiap hari secukupnya. Kacang dapat membantu karena menurut ahli gizi Sandra Gultry kacang kaya akan serat larut.

"Serat larut menempel pada partikel kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh, membantu mengurangi kadar kolesterol secara keseluruhan. kamu akan mendapatkan bonus tambahan dari lemak jenuh yang berkurang," jelasnya.

Kacang dapat menurunkan risiko diabetes

Menurut ahli diet Allison Sattison, jika kamu termasuk orang yang pra-diabetes, mengonsumsi kacang setiap hari dapat mengatasi hal itu.

"Kandungan serat yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah, bersama dengan kandungan protein yang tinggi dari kacang-kacangan, membantu mencegah lonjakan gula tidak sehat yang dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes yang tidak terkontrol," jelasnya.

Sandra Gultry menjelaskan bahwa tekanan darah kamu akan turun karena kacang kaya akan serat, magnesium, dan kalium, yang semuanya membantu menjaga tingkat tekanan darah.

Ia juga menambahkan bahwa magnesium yang ditemukan dalam kacang membantu mendukung aliran darah normal yang baik untuk seluruh sistem kardiovaskular.

 

Kacang dapat menurunkan risiko kanker

Menurut  Dr. Patrick Quillin, seorang ahli nutrisi dan mantan ahli gizi klinis, seringnya konsumsi kacang dapat mengurangi peluang kanker.

"Kacang adalah tambahan yang luar biasa untuk diet anti-kanker kamu. Dalam studi, para ilmuwan menemukan bahwa kacang dapat merendahkan risiko terkena kanker, penyakit jantung, dan diabetes," jelasnya.

Itulah berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsi kacang setiap hari. Selmat mencoba dan rasakan manfaatnya, Sahabat Fimela.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading