Air Garam atau Minyak Zaitun, Mana Lebih Baik Bunuh Bakteri pada Mulut?

Vinsensia Dianawanti19 Jan 2020, 12:00 WIB
Garam

Fimela.com, Jakarta Bakteri di dalam mulut akan terus berkembang jika tidak dibersihkan. Akibatnya akan terjadi bau mulut, peradangan hingga gigi berlubang. Selain menyikat gigi, obat kumur juga mampu membersihkan bakteri pada gigi.

Alih-alih menggunakan obat kumur kimia, kamu bisa menggunakan air garam untuk membunuh bakteri pada mulut. drg. Hardini Dyah Astuti., Sp.perio menuturkan bahwa garam memiliki sifat antibakteri.

Air garam sendiri sudah lama digunakan untuk mengatasi masalah pada mulut. Cukup larutkan sejumput garam pada air hangat sebagai obat kumur.

Namun disarankan untuk air garam sebagai obat kumur secara tidak berlebihan Penggunaan garam yang terlalu banyak akan membuat mulut terasa kering. Kondisi mulut yang kering justru akan membuatnya menjadi bau. Selain itu, garam akan menyerang jaringan lunak yang membuat area mulut terasa perih.

 

Gunakan minyak zaitun murni sebagai alternatif

minyak zaitun
ilustrasi minyak zaitun/copyright By Iurii Stepanov (Shutterstock)

Sebagai alternatif, kamu bisa gunakan minyak zaitun. Selain bermanfaat bagi kesehatan kulit, minyak zaitun juga dimanfaatkan dalam metode ayurvedic untuk membunuh bakteri pada mulut.

drg. Hardini Dyah Astuti., Sp.perio menyarankan untuk menggunakan satu sendok makan minyak zaitun murni dan diletakkan di bawah lidah. Diamkan selama lima menit. Minyak zaitun murni ini berubah menjadi keruh dan kemudian dibuang. Ini menjadi tanda bahwa ia telah bereaksi dengan bakteri yang ada pada tubuh.

Di bawah lidah terdapat banyak saraf yang terhubung dengan banyak anggota tubuh. Proses perubahan warna minyak zaitun menjadi lebih keruh adalah proses penarikan racun, bakteri, dan jamur yang ada pada tubuh.

Sama dengan garam, minyak zaitun juga memiliki sifat antibakteri. Namun minyak zaitun murni tidak akan membuat area mulut menjadi kering. Justru ia tetap memberikan kelembapan meski terjadi terjadi pembunuhan bakteri di dalam mulut.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓