Bukan Hanya Mengantuk, Ini Beberapa Alasan Kita Menguap

Febi Anindya Kirana20 Jan 2020, 10:13 WIB
perempuan menguap

Fimela.com, Jakarta Seringkai kita mengartikan menguap sebagai tanda mengantuk. Tidak salah memang, namun ternyata bukan itu saja alasan mengapa kita menguap. Tubuh memiliki caranya sendiri menyeimbangkan kondisi di dalam dirinya, dan penelitian membuktikan ada beberapa penyebab mengapa kita sering menguap.

Penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Physiology & Behavior menelitI 120 orang dan menemukan bahwa menguap umumnya sering terjadi ketika suhu panas dan ketika otak digunakan untuk bekerja dalam waktu lama. Namun secara spesifik juga bisa terjadi karena tiga kondisi ini.

1. Lelah

Otak mengalami kelambatan bekerja sehingga butuh istirahat, namun sebagai cara alternatif tercepat tubuh akan membuat kita menguap sehingga memberi jeda menarik napas panjang dan meningkatkan aliran darah yang membawa oksigen ke otak dan menurunkan suhu otak yang menghangat.

2. Bosan

menguap mengantuk
ilustrasi menguap/copyright by AnemStyle (Shutterstock)

Ketika menghadapi rasa bosan, tubuh akan mudah mengantuk karena suhu otak menurun, dan ketika hal ini terjadi, secara alami otak "mengingatkan" kita untuk tidak tidur, terutama di siang hari.

3. Melihat seseorang menguap

Pernah menyadari bahwa menguap itu menular? Benar, ketika kita berada dalam satu lingkungan dengan orang yang menguap, secara refeks kita akan ikut menguap karena otak berpikir kita perlu di-refresh.

Jadi, bukan hanya tanda mengantuk, ternyata itu alasan mengapa kita menguap sesekali dalam sehari.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓