5 Kuliner khas Solo yang Wajib di Coba

Gayuh Tri Pinjungwati20 Jan 2020, 19:15 WIB
serabi solo

Fimela.com, Jakarta Kota Solo menjadi pilihan destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah. Banyak tempat-tempat bersejarah yang dapat di kunjungi, seperti Keraton Kasunanan Suarakarta, Benteng Vastenburg, Mangkunegaran, dan masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Kota Solo.

Selain tempat bersejarah, Solo juga dapat menjadi kunjungan wisata kuliner. Berikut ini beberapa kuliner khas Solo yang wajib di coba oleh Sahabat Fimela saat berkunjung di kota budaya.

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman merupakan salah satu makanan yang cocok untuk di jadikan oleh-oleh saat berwisata ke Kota Solo. Rasanya yang gurih dengan pinggiran yang krispi, membuat makanan laris di borong untuk di jadikan oleh-oleh, selain enak rasanya, serabi ini sangat terjangkau harganya.

Tahu Kupat

Tahu kupat masuk dalam rekomendasi menu makan siang saat kamu sedang berkunjung di Solo. Isian tahu kupat yakni lontong/ ketupat, tahu goreng, bakwan sayur, mie kuning, sayur kubis, dan siraman kuah kecap yang memiliki rasa manis asem, bisa mengurangi hawa panas di Solo. Tahu kupat dapat di temui di pinggir jalan atau daerah kampus yang ada di kota Solo.

Tengkleng

Tengkleng Solo
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Galih Yoga Wicaksono

Bingung untuk mencari makan siang saat berkunjung di Solo? Terlebih jika sedang berbelanja di pasar Klewer. Tengkleng bisa menjadi menu makan siang yang nikmat, terbuat dari tulang belulang daging kambing dipadukan dengan rempah tengkleng yang nikmat, membuat makan siang jadi lebih berselera.

Nasi Liwet

Nasi liwet di kota Solo yang terkenal terdapat di daerah Solo Baru atau di Belakang Pasar Legi. Makanan ini paling cocok disantap untuk makan malam, nasi liwet memiliki rasa yang gurih dengan suwiran daging ayam, telur rebus, sayur labu siam, menambah kelezatan bagi siapa saja yang menyantapnya.

Selat Solo

Selat solo
Ilustrasi/copyrightsutterstock/Ariyani Tedjo

Selat Solo merupakan masakan Jawa yang memiliki pengaruh Eropa. Makanan ini juga mendapat julukan Bistik Jawa, terdapat daging dan sayuran yang sudah di kukus, dibumbuhi dengan kuah manis yang encer. Makanan ini mudah sekali ditemui di rumah makan dan di daerah alun-alun selatan kota Solo.

Apabila Sahabat Fimela berlibur ke kota Solo, jangan lupa untuk menikmati kulinernya yang lezat dan menggugah selera.

#GrowFearless With FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓