Mengintip Potensi Karier untuk Perempuan di Jakarta, Apa Saja Pilihan Profesinya?

Wuri Anggarini21 Jan 2020, 10:47 WIB
Diperbarui 21 Jan 2020, 10:47 WIB
Cari profesi yang tepat untukmu (c)shutterstock

Fimela.com, Jakarta Di zaman modern seperti sekarang ini, perempuan bisa melebarkan sayapnya ke dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah keputusan untuk berkarier di bidang yang menjadi passion mereka. Jakarta menjadi salah satu kota dengan peluang kerja besar, nggak terkecuali bagi para perempuan yang ingin membangun karier dan memaksimalkan potensinya.

Data BPS menunjukkan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) perempuan tahun 2018 adalah sebesar 54%. Kalau dibandingkan tahun sebelumnya, angka ini sudah mengalami peningkatan sebesar 0,40%. Lalu, kira-kira apa saja sih lowongan kerja yang punya potensi tinggi untuk membangun karier perempuan?

Software Developer

Jumlah perempuan yang bekerja di bidang ini masih rendah, yaitu sekitar 18%, menurut pengamatan Forbes. Padahal, bidang tersebut memiliki peluang yang cukup besar, terlebih di zaman digital seperti sekarang ini, profesi ini punya potensi besar, lho.

Menurut data dari Bureau Labour of Statistic, permintaan untuk Software Developer cukup besar karena meningkat sebanyak 21%. Kondisi ini melebihi rata-rata demand pekerjaan lainnya sehingga jadi bukti tersendiri kalau software developer adalah salah satu profesi yang paling diminati dan dicari.

For your information, Software Developer memiliki job description untuk merancang dan membuat program komputer. Bagi yang ingin menggeluti bidang ini, wajib banget memiliki kemampuan bahasa pemrograman yang mumpuni. Saatnya cek peluang kerja yang tersedia lewat situs lowongan kerja terpercaya seperti Glints.

Human Resource Manager

Seorang manajer Human Resources Department (HRD) punya tugas utama untuk mengawasi fungsi dan jalannya departemen, mengelola karyawan termasuk merekrut, wawancara, dan memperkerjakan mereka. HRD juga mengurus masalah gaji, pelatihan karyawan, fasilitas perusahaan, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari laporan Forbes, tahu nggak kalau ternyata perempuan merasakan kepuasan kerja yang tinggi di department HR? Ada juga hasil penelitian dari Gallup yang melibatkan 27 juta orang tenaga kerja menunjukkan bahwa perempuan memiliki performa yang lebih baik sebagai manajer jika dibandingkan dengan pria. Jadi, posisi HR Manager bisa jadi pilihan yang tepat bagi perempuan yang ingin membangun kariernya.

Public Relations Executive

Dikenal sebagai PR atau Humas (Hubungan Masyarakat), profesi ini punya tanggung jawab untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat agar bisa bekerja sama dengan perusahaan. PR juga memegang peranan penting untuk merencanakan strategi dan publikasi kampanye, seperti menulis serta memproduksi press release.

Profesi ini diprediksi tidak akan pernah mati, karena pada dasarnya setiap perusahaan maupun organisasi pasti membutuhkan PR untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk mereka. PR juga menjadi jembatan atau perantara yang menjangkau masyarakat di sekitarnya.

Berdasarkan laporan dari PR Census 2016, profesi ini ternyata didominasi oleh perempuan yang menembus angka hingga 64%. Ini juga yang menjadi bukti jika kesempatan ini terbuka lebar untuk perempuan.

Computer and Information System Manager

Apa sih tugas dari profesi yang satu ini? Jadi, seorang Computer and Information System Manager punya tanggung jawab untuk merencanakan, mengoordinasikan, dan mengarahkan kegiatan terkait komputer dalam suatu organisasi. Bekerja sama dengan eksekutif, mereka membantu menentukan kebutuhan dan sistem komputer.

Kebutuhan akan profesi ini juga terus meningkat seiring berjalannya waktu, seperti kenaikan yang terjadi di tahun 2018 sebesar 11%. Profesi ini termasuk yang bergaji tinggi karena melibatkan sistem komputer. Yang pasti, kesempatan melamar pekerjaan di bidang ini masih terbuka lebar untuk perempuan karena masih banyak perusahaan yang menyediakan loker di Jakarta untuk posisi tersebut.

Itu tadi beberapa profesi yang punya potensi tinggi untuk membangun karier di Jakarta. Segera siapkan portofolio dan CV terbaru dan maksimalkan potensimu dalam menghadapi tantangan baru. Ikuti terus perkembangan informasi serta tips seputar loker di Jakarta lainnya bersama Glints, ya!