4 Olahraga Terbaik untuk Kesehatan Mental

Annissa Wulan22 Jan 2020, 14:30 WIB
Diperbarui 22 Jan 2020, 14:30 WIB
olahraga HIIT

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin sering mendengar manfaat olahraga untuk kesehatan mental, benar? Selain membuat tubuh bergerak, olahraga juga mendukung pikiran yang sehat.

Menurut penelitian, olahraga yang dilakukan dalam waktu 30 menit atau lebih setiap hari dapat meningkatkan produksi serotonin, neurotransmitter yang terkait dengan pengaturan suasana hati, perilaku sosial, kualitas tidur, nafsu makan, dan memori. Dilansir dari purewow.com, Rabu (22/1/2020), berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang terbaik untuk kesehatan mental, penasaran?

1. Berjalan

Berjalan merupakan salah satu jenis olahraga terbaik untuk kesehatan mental. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard di tahun 2013, orang-orang yang berjalan cepat selama sekitar 35 menit dalam sehari, lima kali dalam seminggu dapat meningkatkan suasana hati, serta menurunkan gejala depresi mulai dari tingkat yang ringan hingga sedang.

Bahkan ada penelitian yang menemukan bahwa melihat foto ruang hijau memiliki manfaat kesehatan, terutama mengurangi stres. Apa kamu sering berjalan-jalan untuk mengurangi stres?

2. Menari

Selain meningkatkan kesehatan jantung dan menyeimbangkan kekuatan, menari dapat meningkatkan kesehatan mental. Menurut sebuah studi di tahun 2015, olahraga menari juga dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan harga diri, dan kesejahteraan psikologis.

 

Angkat beban dan Yoga

olahraga pagi
ilustrasi olahraga pagi/Photo by Wesley Tingey on Unsplash

3. Angkat beban

Berbagai studi tentang olahraga kekuatan dan resistensi menemukan bahwa angkat beban yang dilakukan secara konsisten dapat mengurangi gejala depresi dan meminimalisir risiko depresi di masa depan. Menariknya, jumlah angkat beban di sini tidak penting.

4. Yoga

Yoga adalah pilihan olahraga terbaik untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres. Yoga sebenarnya mengurangi gairah fisiologis, seperti denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

Yoga juga membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk merespon stres menjadi lebih fleksibel. Olahraga seperti apa yang sering kamu lakukan saat ini?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓