Ini Alasan Pentingnya Pacaran Lama Sebelum Memutuskan Menikah

Febi Anindya Kirana23 Jan 2020, 17:45 WIB
pasangan bahagia

Fimela.com, Jakarta Seringkali ketika ada seseorang yang memutuskan menikah dengan cepat padahal baru mengenal pasangannya, orang-orang di sekitarnya pasti akan bertanya "Serius mau nikah?" karena akan ada pertanyaan lanjutan "Baru juga kenal."

Seperti yang diketahui banyak orang, menikah bukanlah hal yang bisa diputuskan sembarangan karena merupakan tanggung jawab dan perjuangan seumur hidup. Itulah mengapa mengenal pasangan dalam waktu yang lama merupakan keputusan yang baik untuk dijalani lebih dulu sebelum memutuskan menikah.

Pacaran lama membantu menentukan menikah atau tidak

menikah
ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Penelitian yang dilakukan Dr. Thomas R. Lee dari Department of Family and Human Development Utah State University menemukan bahwa semakin lama waktu mengenal pasangan semakin baik dan meyakinkan membawa hubungan cinta ke tingkat yang lebih serius dan berkomitmen.

Orang akan mengenal pasangannya lebih baik seiring waktu yang dilalui bersama. Dalam waktu pacaran yang lama orang bisa mengetahui seberapa cocok mereka dan menentukan apakah pasangan tersebut memang layak dijadikan pasangan seumur hidup.

Meski tentu saja, setiap orang bisa memutuskan menikah setiap saat ketika sudah yakin atau menemukan jodohnya dengan waktu yang singkat, namun jika ingin mencegah risiko perceraian, akan lebih baik jika melalui waktu mengenal yang lama sebelum menikah.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓