5 Cara Membuat Sambal Korek yang Menggugah Selera

Endah Wijayanti24 Jan 2020, 11:15 WIB
sambal pete

Fimela.com, Jakarta Di antara berbagai jenis sambal, sambal korek termasuk yang paling mudah dibuat. Asal ada cabai, bawang putih, dan garam, kita sudah bisa membuat sambal korek sederhana. Tapi kalau ingin membuat sambal korek yang lebih menggugah selera, ada tips mudah yang bisa dicoba.

Ada beberapa kreasi mudah untuk membuat sambal korek yang enak. Selengkapnya, langsung simak di sini, yuk!

1. Menggunakan Pete

Sambal korek pete ini bakal disuka para penggemar pete. Bawang putih dan cabai digoreng sampai layu. Setelah itu, ulek keduanya dengan garam dan gula. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis sambal tersebut dengan pete. Masak hingga pete matang. Sambal korek pete siap disajikan.

2. Sambal Korek Rawit Ijo

Cabai rawit ijo, tomat ijo, bawang putih, daun jeruk, gula, dan garam diulek kasar. Daun jeruk di sini berfungsi untuk membuat aromanya lebih wangi dan menggugah selera. Setelah selesai diulek, siram sambal dengan minyak panas. Aduk rata. Sambal siap disajikan.

3. Sambal Korek Daun Jeruk

Sambal Kemangi
Ilustrasi sambal./copyright shutterstock By Kristina Ismulyani

Cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, dan garam diulek. Siram dengan minyak panas. Tambahkan daun jeruk, ulek atau memarkan bercampur dengan bahan lain. Aroma daun jeruk dijamin membuat sambal ini bikin nagih.

4. Sambal Korek Kemangi

Ulek kasar bawang putih, cabai rawit merah, dan kemangi. Lalu siram dengan minyak goreng panas. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Ulek kembali sampai lebih halus. Aroma kemangi sambal ini bakal membuat nafsu makan bertambah.

5. Sambal Korek Teri

Ini juga sambal yang sangat enak. Sambal korek teri bisa jadi pelengkap aneka lauk dan hidangan. Cara membuatnya mudah. Ulek cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Tambahkan garam secukupnya. Siram dengan minyak goreng panas. Lalu tambahkan teri goreng. Aduk rata.

Mudah sekali kan membuat sambal korek yang enak? Semoga info ini bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓