5 Kreasi Sambal Teri yang Sedap

Endah Wijayanti26 Jan 2020, 07:15 WIB
sambal teri

Fimela.com, Jakarta Nasi putih dengan sambal teri sudah cukup membuat perut kenyang. Bahkan ada yang menjadikan sambal teri sebagai pelengkap aneka menu dan hidangan. Tapi tahukah bahwa ada beberapa kreasi sambal teri yang sangat sedap?

Kali ini Fimela akan membagikan info mengenai kreasi dan cara membuat sambal teri yang sedap. Kita bisa memilih salah satunya atau melakukan kreasi dan modifikasi sesuai selera. Selengkapnya, langsung saja simak di sini, ya.

1. Dengan Sambal Korek

Sambal korek teri bisa jadi pelengkap aneka lauk dan hidangan. Cara membuatnya mudah. Ulek cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Tambahkan garam secukupnya. Siram dengan minyak goreng panas. Lalu tambahkan teri goreng. Aduk rata. Sambal korek teri siap dinikmati dengan nasi putih hangat.

2. Dengan Sambal Matah

Sambal matah juga enak banget dipadukan dengan teri goreng. Siapkan dulu teri gorengnya. Lalu buat sambal matah dengan mencampur irisan bawang merah, irisan bawang putih, irisan cabai rawit, irisan serai yang bagian putihnya, irisan daun jeruk, dan garam. Siram dengan minyak goreng panas. Tambahkan air perasan jeruk purut. Setelah itu, tambahkan teri goreng, aduk rata.

3. Dengan Leunca

leunca
copyright By Harismoyo (Shutterstock)

Siapkan teri goreng dan leunca goreng. Haluskan bawang putih, bawang merah, terasi, dan tomat. Tumis bumbu sampai harum. Masukkan teri, aduk rata. Tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa. Masukkan leunca dan irisan bawang daun. Tambahkan sedikit air agar bumbu meresap. Masak hingga air menyusut.

4. Dengan Sambal Tomat

Cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan tomat digoreng hingga layu. Ulek semua bahan tersebut. Tambahkan teri, aduk rata. Setelah itu, goreng sebentar supaya sambalnya bisa lebih awet atau tahan lama.

5. Dengan Lamtoro

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai keriting, gula, dan garap. Tumis bumbu hingga harum. Tambahkan sedikit air, dan masak hingga mendidih. Setelah itu, masukkan lamtoro dan teri yang sudah dicuci. Setelah air menyusut, angkat dan sajikan sambal teri lamtoro.

Sekarang, mau coba bikin sambal teri yang mana dulu, nih? Tetap semangat memasaknya, ya!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓