BMKG Himbau Waspada Banjir di Jakarta dan Beberapa Wilayah Indonesia

Vinsensia Dianawanti24 Jan 2020, 12:30 WIB
ilustrasi hujan deras.

ringkasan

  • BMKG menghimbau terjadinya bencana banjir akibat hujan lebat di Jakarta dan wilayah sekitarnya
  • Hujan lebat diperkirakan akan terus terjadi selama seminggu ke depan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan DKI Jakarta dan sejumlah wilayah lainnya berpotensi banjir. Banjir ini menjadi dampak dari hujan lebat yang diprediksi terjadi pada seminggu ke depan.

"Kondisi cuaca di beberapa wilayah tersebut diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab seperti dikutip dari Antara, Jumat (24/1/2020).

Meski demikian, Fachri menyatakan intensitas hujan yang akan turun tidak seekstrem yang terjadi pada awal 2020. Diperkirakan, potensi banjir dapat terjadi di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah dengan status siaga.

Potensi banjir juga diperkirakan akan terjadi di Jawa Timur, Kalimatan Selatan, dan Sulawesi Barat dengan status waspada. Sementara pada Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat dengan status siaga.

 

Penyebab hujan lebat

ilustrasi hujan.
ilustrasi hujan. (Pixabay)

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo menyebut bahwa hujan lebat selama seminggu ke depan ini dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia Selatan Lampung. Sirkulasi ini membuat terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Kondisi atmosfer di Indonesia yang labil turut menyebabkan massa udara lembap dari lapisan bawah sehingga dengan cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer. BMKG pun memperkirakan hujan lebat yang terjadi dapat disertai petir.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," ungkap Mulyono.

 

Daftar wilayah yang terdampak hujan lebat

ilustrasi percikan hujan.
ilustrasi percikan hujan. (Pixabay)

Berikut daftar lengkap sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat.

1). Periode 24-26 Januari 2020

- Sumatera Utara- Sumatera Barat- Bengkulu- Jambi- Sumatera Selatan- Kep. Bangka Belitung- Lampung-Banten- DKI Jakarta- Jawa Barat- Jawa Tengah- DI Yogyakarta- Jawa Timur- Kalimantan Barat- Kalimantan Tengah- Kalimantan Selatan- Sulawesi Barat- Sulawesi Tengah- Sulawesi Selatan- Papua.

2). Periode 27-29 Januari 2020- Sumatera Barat- Jambi- Bengkulu- Sumatera Selatan- Lampung- Banten- Jawa Barat- Jawa Tengah- Jawa Timur- Kalimantan Utara- Kalimantan Timur- Sulawesi Barat- Sulawesi Selatan- Papua.

Lanjutkan Membaca ↓