Ini Alasan Sebaiknya Tidak Langsung Merebus Telur Setelah Keluar dari Kulkas

Febi Anindya Kirana24 Jan 2020, 14:45 WIB
merebus telur

Fimela.com, Jakarta Ketika ingin menyimpan telur agar lebih tahan lama, cara paling mudah adalah menyimpannya di dalam kulkas. Meski emmang telur akan baik-baik saja meski ditaruh di suhu ruangan namun akan memperlambat pembusukannya jika disimpan di telur.

Tapi jika ingin merebus telur, sebaiknya jangan langsung merebus telur yang baru keluar dari kulkas karena telur akan langsung pecah ketika dimasukkan ke dalam air panas meski secara gizi memang tidak berubah. Bahkan jika kamu memasukkan telur tersebut segera setelah menyalakan api dan air belum memanas karena proses pemanasan lebih cepat dibanding proses telur mengembalikan dirinya ke suhu ruangan.

Lalu apa yang harus dilakukan?

telur
ilustrasi telur rebus/copyright Rawpixel

1. Diamkan paling tidak 10 menit di suhu ruangan

Telur perlu menyesuaikan diri dengan suhu ruangan dan menghilangkan dingin dari suhu kulkas. Setelah telur terlihat cukup berkeringat, sata itulah bisa direbus.

2. Rendam dalam air untuk mempercepat proses perubahan suhu

Ambil mangkuk dan isi dengan air biasa, rendam telur dan diamkan hingga tidak dingin lagi. Jika tak ingin lama menunggu juga bisa merendamnya dengan air hangat kuku atau sekitar suhu 40 derajat Celcius, tidak terlalu panas hingga membuat telur 'terkejut' dengan perubahan suhunya.

Jadi jika tak ingin telur rebusmu justru rusak karena pecah dan putih telurnya keluar tidak karuan, maka hindari langsung merebus telur yang keluar dari kulkas.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓