Ini 4 Manfaat Tidak Terduga Jika Berhenti Konsumsi Minuman Mengandung Alkohol

Fimela Editor26 Jan 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 26 Jan 2020, 09:00 WIB
Ini 4 Manfaat Tidak Terduga Jika Berhenti Konsumsi Minuman Mengandung Alkohol

Fimela.com, Jakarta Ingin mencoba gaya hidup yang lebih sehat? Jika tertarik untuk memulainya, awali dengan menghindari minuman yang mengandung alkohol. Selain kamu akan memiliki tubuh yang lebih sehat, tubuh pun akan dapat beristirahat dengan lebih maksimal. Keuntungan dari berhenti konsumsi minuman yang mengandung alkohol tidak hanya itu, banyak manfaat yang akan didapatkan jika kamu mau mencobanya.

"Berhenti minum minuman yang mengandung alkohol dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur, peningkatan suasana hati, dan bahkan peningkatan warna kulit," ujar Dr. Joseph Volpicelli M.D. Namun, ia mengatakan bahwa masih banyak manfaat tidak terduga yang tidak kamu sangka-sangka. Yang terpenting, kesehatan dan kesejahteraan hidup akan didapatkan dalam jangka panjang. Melansir dari Bustle.com, berikut beberapa manfaatnya.

Mencegah kerusakan hati

Hanya satu bulan menghentikan asupan minuman dengan kandungan alkohol, sudah cukup untuk membantu organ hati pulih dari beberapa kerusakan. George Koob Ph.D., direktur National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism (NIAAA), mengatakan bahwa setelah sebulan penuh berhenti minum alkohol, akan menunjukkan tingkat yang lebih rendah dari enzim hati yang rusak.

"Ini bukan level toxic dari enzim yang meningkat, tetapi mereka kembali ke kisaran normal. Mengingat bahwa enzim-enzim ini mencerminkan stres oksidatif ke hati, satu bulan berhenti minum alkohol bisa bermanfaat," jelasnya. Stres oksidatif dalam jangka panjang telah terbukti berperan dalam penyakit hati yang dapat memperpendek usia dan menyulitkan tubuh untuk menghilangkan racun.

Emosi dan Perasaan

Menurut penelitian, setelah berhenti minum alkohol, kamu mungkin secara tidak langsung akan merasa lebih puas dengan kehidupan. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 40.000 orang yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal pada tahun 2019 menemukan bahwa orang yang berhenti minum minuman alkohol, terutama perempuan, mengalami peningkatan yang jelas dalam perasaan mereka tentang kesejahteraan hingga dua tahun setelah mereka berhenti. Mereka menilai kesejahteraan dengan menggunakan skala yang disebut SF-12, sambil mengajukan berbagai pertanyaan tentang kesehatan fisik dan mental, termasuk fungsi sosial, rasa sakit hati, dan emosi.

Meningkatkan resistensi insulin

Sebuah penelitian terhadap 94 orang yang diterbitkan dalam British Medical Journal pada tahun 2018, menemukan bahwa orang yang berhenti minum alkohol selama satu bulan menunjukkan sejumlah perbaikan dalam kesehatan tubuh, termasuk resistensi insulin.

Resistensi insulin adalah suatu kondisi di mana tubuh berhenti memperhatikan sinyal dari insulin untuk menyerap glukosa dan mulai memproduksi lebih banyak insulin sebagai hasilnya. Ini dikenal sebagai faktor penyebab utama diabetes dan kondisi kesehatan lainnya. Orang-orang dalam studi 2018 menunjukkan penurunan yang nyata pada resistensi insulin mereka, setelah hanya empat minggu tidak minum minuman yang mengandung alkohol.

 

Mengurangi keinginan untuk minum alkohol secara keseluruhan

4 Fakta yang Salah tentang Air Lemon
Ilustrasi air lemon. (dok. Unsplash/Novi Thedora)

Sebuah penelitian terhadap 850 partisipan yang diterbitkan di Health Psychology pada tahun 2016, menemukan bahwa orang yang berhenti mengonsumsi alkohol selama sebulan merasa kurang berminat untuk minum alkohol sesudahnya. Ketika periode ini berakhir, mereka tidak mengonsumsi alkohol sebanyak yang mereka miliki sebelumnya. Dengan ini, kamu dapat mengetahui bahwa tidak perlu minum terlalu banyak untuk sekadar bersenang-senang.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika berhenti minum alkohol, gantilah dengan minuman yang lebih sehat seperti infused water. Tidak hanya tubuhmu yang akan sehat tetapi juga mental dan ini akan membuat hidup terasa lebih bahagia. Ayo segera membuat perbedaan nyata dalam hidupmu, Sahabat Fimela.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Lanjutkan Membaca ↓