Sukses

Lifestyle

Bertambah Tua Itu Takdir, Tetap Merasa Muda Itu Pilihan

Fimela.com, Jakarta Tahun baru, diri yang baru. Di antara kita pasti punya pengalaman tak terlupakan soal berusaha menjadi seseorang yang lebih baik. Mulai dari usaha untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan, menjalin hubungan, meraih impian, dan sebagainya. Ada perubahan yang ingin atau mungkin sudah pernah kita lakukan demi menjadi pribadi yang baru. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Change the Old Me: Saatnya Berubah Menjadi Lebih Baik ini.

***

Oleh: Diana - Madiun

Hai! Apa resolusi kamu tahun baru ini? Pertanyaan semacam itu selalu terdengar saat detik-detik mendekati tahun baru. Ya, kata "resolusi" selalu membawa makna harapan terjadi perubahan ke arah yang lebih baik di tahun berikutnya. Dan pastinya itu menjadi harapan semua orang. Tapi apakah sekadar membuat resolusi itu cukup? Hm, setidaknya mampu membuat resolusi masih lebih baik daripada tidak memiliki harapan perubahan sama sekali. Benar, bukan?

Begitu pun aku, selalu berusaha membuat resolusi di setiap tahun baru, dengan sejuta janji akan berusaha untuk mencapainya. Namun, bila aku buka kembali resolusiku dari tahun ke tahun, kenapa selalu ada yang sama, ya? Kenapa resolusi ini masih saja muncul setiap tahunnya, ya? Berarti impianku ini belum tercapai juga. Tapi aku pun hanya tersenyum, bahwa aku setiap tahun baru masih punya harapan dan semangat untuk mewujudkannya.

Kini usiaku sudah tidak muda lagi. Namun, bagiku usia itu hanyalah sebuah angka saja. Angka usiaku bisa saja terbilang cukup besar, mendekati angka emas. Namun semangatku untuk tetap tampil muda, energik, mengikuti setiap perubahan zaman, berusaha untuk selalu update jauh lebih besar dari sekadar angka usiaku. Ya, biarlah usia menjadi tua tapi untuk tetap merasa muda adalah pilihan.

Aku memilih untuk terus merasa muda secara jiwa, meski secara fisik aku tak mampu menghindarinya untuk menua, apalagi bagi seorang wanita. Seperti terjadinya penurunan performa, kerut-kerut diwajah yang tetap tampak meski upaya menutupinya dengan make up selalu dilakukan, daya pikir, dan daya ingat yang kadang sulit diajak kompromi. Bahkan detik-detik menjelang menopause yang harus dihadapi dengan segala konsekuensinya, kadang terasa berat bagi wanita. Tapi itulah hidup, itulah proses kehidupan. Bisakah kita untuk memilih? Jawabannya bisa. Kita masih bisa untuk memilih, memilih langkah hidup kita untuk tetap berpikir dan berjiwa muda.

Memilih untuk Terus Merasa Muda

Oke, aku pun memilih untuk terus muda. Tapi, apa yang harus aku lakukan agar bisa terus muda? Muda berarti berpikir cepat, berpikir maju, dan cepat adaptasi dengan perubahan. Bagaimana aku bisa melakukan itu semua? Langkah pertama yang aku canangkan dalam resolusiku di tahun 2020 ini adalah melanjutkan sekolahku ke jenjang S2. Dan aku pun telah memulai proses pendaftaranku.

Aku tidak malu untuk bersaing dalam hal pendidikan dengan mereka-mereka yang lebih muda. Setidaknya pengalaman hidup dan kesempatanku untuk tahu isi dunia lebih dulu dari mereka telah memenangkanku dibanding mereka yang muda. Hal kedua yang aku prioritaskan di tahun 2020 ini adalah meningkatkan frekuensiku untuk mengikuti seminar, training, ataupun, workshop. Karena dari situ aku akan mendapatkan ilmu praktis yang lebih mudah aku serap dan aku terapkan dibanding ilmu regular via sekolah formal.

Semangat itu langsung aku wujudkan dengan mengikuti kursus leadership dan workshop di bulan Januari 2020 ini. Dan aku juga sudah menggenggam sejumlah schedule seminar dan course untuk beberapa bulan ke depan. Hal ketiga yang akan aku lakukan di tahun 2020 ini adalah mengasah dan memperkuat kemampuan public speaking-ku. Aku mulai sering mencari “panggung” sebagai ajang pembelajaranku. Karena sebelumnya aku adalah orang yang agak sulit untuk percaya diri di depan publik.

Memang mudah untuk membuat resolusi, justru yang sulit adalah konsistensi untuk mewujudkannya. Dan aku bertekad bulat untuk terus konsisten, practice, practice, and more practice (PPMP). Ya, prinsip PPMP inilah yang aku pelajari dari perusahaan tempatku bekerja. Tempatku bekerja ini ibarat kampus kehidupan bagiku, memberikan banyak pembelajaran dan motivasi untuk terus maju dan berkembang. Terutama dukungan pimpinan yang inspiratif sangat menyemangatiku.

Aku meyakini bahwa tahun 2020 ini akan membuatku lebih semangat dan tetap merasa muda. Karena berjiwa muda akan membahagiakan kita. Tetap semangat. Getting old is mandatory. Feeling old is optional.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading