Trik Sederhana untuk Merasa Lebih Bahagia yang Wajib Kamu Lakukan

Fimela Editor28 Jan 2020, 15:30 WIB
[Fimela] Bahagia

Fimela.com, Jakarta Jika kini kamu sedang berjuang untuk mencapai kebahagiaan sejati, kamu tidak sendirian. Kadang-kadang semua orang merasa kurang bahagia tetapi penting untuk belajar bagaimana merasa lebih baik dan benar-benar memahami alasan mengapa kamu tidak bisa bahagia.

Kunci untuk mengejar kebahagiaan sejati terletak pada cara kita untuk mencintai diri sendiri. Begitulah cara untuk mempraktikkan kesehatan mental yang baik dan mengendalikan emosimu.

Sekarang, mari kita bicara tentang bagaimana cara cepat untuk merasa lebih baik dengan trik sederhana yang tidak mengharuskan kamu untuk pergi ke terapis. Dilansir dari yourtango.com, berikut adalah beberapa trik sederhana untuk membantu kamu merasa lebih baik dengan cepat dan bisa kembali mendapatkan kebahagiaan.

Jangan biarkan hal negatif menyelimutimu

[Fimela] Bahagia
Ilustrasi Bahagia | unsplash.com/@priscilladupreez

Langkah pertama untuk menjadi lebih bahagia dan lebih santai adalah memperhatikan titik awal emosionalmu. Jika kamu mulai membiarkan rasa takut masuk ke dalam diri, kamu akan merusak segalanya.

Itulah sebabnya langkah pertama setelah kamu menyadari adanya emosi negatif adalah membuang pikiran itu dan kemudian mulai mengkoreksi diri. Apakah sesuatu telah terjadi untuk memicunya atau tidak. Kamu harus mencoba bicara pada diri sendiri.

Ubah fokus kamu

[Fimela] arah
Ilustrasi arah, fokus, dan tujuan hidup | unsplash.com/@delfidelarua7

Jika emosi bawaanmu negatif, kamu akan mendapatkan lebih banyak hal yang negatif. Alih-alih, mulailah melihat ke depan dan pikirkan apa yang sebenarnya kamu inginkan.

Dalam hidup, kamu hanya sering bereaksi saja, tidak memikirkan bagaimana mendapatkan pengalaman puncak atau mempertimbangkan apa yang sebenarnya kamu inginkan.

Kamu memiliki pemikiran atau perasaan dan hanya membiarkan itu daripada benar-benar memikirkannya secara logis lalu mempertimbangkan apa yang diinginkan dan ke mana kamu benar-benar ingin pergi. Jika sesuatu yang buruk terjadi, kita akan merasa sakit dan tentunya kita berusaha menjauh dari rasa sakit itu. Atau jika kita melakukan sesuatu tetapi rasanya tidak seperti yang kita harapkan, jadi kita lari.

Posisi reaktif ini mungkin menjauhkan kamu dari rasa sakit untuk sementara waktu tetapi ini adalah jalan yang tidak memiliki tujuan. Gerakkan fokusmu untuk mencapainya. Jika kamu merasa tidak terpenuhi, memikirkan hal itu menjadi kontraproduktif. Ingin merasa puas? Lakukan apa yang menjadi keinginanmu secara penuh.

Rayakan prosesnya, bukan hasilnya

[Fimela] Bahagia
Bahagia | unsplash.com/@edulauton

Pikirkan tentang pergi ke gym. Jika ingin menjadi lebih bugar atau lebih kuat, tidak bisa hanya melihat gambar model kebugaran dan menjentikkan jari, lalu langsung mendapatkan postur tubuh yang kamu inginkan. Terlebih dahulu, kamu harus rajin berolahraga berbulan-bulan baru mendapatkan hasilnya. Tentu itu semua ada prosesnya.

Sama dengan mempertahankan perasaan yang lebih baik. Hadiahi dirimu sendiri karena mempertahankan pola pikir positif itu merupakan suatu keberhasilan.

Itulah beberapa trik sederhana untuk merasa lebih bahagia yang wajib kamu lakukan dikala kamu merasa kurang baik. Semoga membantu, Sahabat Fimela.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓