Pernikahan akan Rentan Cerai Jika Pasangan Mementingkan 2 Hal Ini, Menurut Penelitian

Febi Anindya Kirana02 Feb 2020, 10:15 WIB
pasangan menikah

Fimela.com, Jakarta Ketika memutuskan menikah, seseorang mungkin akan mempertimbangkan banyak hal, tidak terkecuali seberapa banyak uangnya dan bagaimana wajahnya. Seseorang pasti akan lebih senang jika punya suami yang ganteng dan kaya raya, tapi apakah dua hal ini begitu penting sehingga patut dijadikan syarat utama pernikahan?

Sayangnya, dua hal ini justru bisa jadi penyebab perceraian. Sebuah penelitian yang dilakukan Andrew Francis dan Hugo Mialon di Emory University terhadap 3.000 pasangan menikah di Amerika Serikat menemukan bahwa orang-orang yang mementingkan harta dan kecantikan/ketampanan pasangan sebagai faktor utama penentu pernikahan justru lebih rentan mengalami perceraian.

Kekayaan dan ketampanan tak menjamin pernikahan awet

pasangan cinta
ilustrasi pasangan cinta/Photo by Dexter Fernandes on Unsplash

Tentu saja, pasangan dengan kondisi finansial yang mapan dan penampilan menarik akan membuat pernikahan lebih bahagia, namun itu bukan alasan utama seseorang mau menikahi pasangannya.

Penelitian menunjukkan, pria yang mementingkan kecantikan sebagai faktor utama ia mau menikahi seorang perempuan memiliki risiko 50% lebih tinggi menghadapi perceraian. Sedangkan perempuan yang mementingkan harta sebagai alasan ia menikahi seorang pria, memiliki risiko cerai sebesar 60% setelah menikah.

Lalu apa yang penting dalam pernikahan? Inner beauty atau kepribadian baik seseorang lah yang paling penting jika ingi pernikahan langgeng, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓