Tips Karier: Lakukan Ini Agar Pekerjaan di Kantor Terasa Lebih Menyenangkan

Fimela Editor28 Jan 2020, 12:00 WIB
[Fimela] Ilustrasi Kerja

Fimela.com, Jakarta Jika kamu ingin tahu bagaimana cara untuk lebih bahagia, saatnya untuk fokus pada aspek kehidupan yang menurutmu tidak bisa membawa kebahagiaan. Salah satu contohnya adalah pekerjaan di kantor.

Apakah kamu tidak suka untuk bekerja di pagi hari atau merasa cemas dan frustasi saat kerja di kantor? Apakah kamu sering menunggu-nunggu jam kerja usai? Tentunya, ini bukan cara yang baik untuk menjalani hidup.

Depresi kronis akan menyusup ke area lain dalam hidupmu dan pada akhirnya menyebabkan kecemasan dan depresi yang meluas. Beberapa pekerjaan berasal dari hobi yang menyenangkan tetapi kadang-kadang, pekerjaan yang disukai pun dapat membuat kamu lelah.

Ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memastikan kamu lebih bahagia di tempat kerja setiap hari. Melansir dari yourtango.com, berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat pekerjaan terasa lebih menyenangkan.

Memulai hari kerja dengan perasaan positif

Menurut sebuah penelitian, bagaimana cara kamu memulai hari secara langsung sangat berpengaruh. Hal ini dapat menentukan tingkat kebahagiaan dan kinerja selama hari tersebut. Sementara penelitian melihat pada perwakilan layanan pelanggan, logika yang sama berlaku untuk para profesional di industri dan pekerjaan apa pun.

"Sebagian besar, orang-orang yang sudah dalam suasana hati yang tidak baik akan merasa lebih buruk setelah berinteraksi dengan pelanggan," jelas Nancy Rothbard, salah satu pemimpin penelitian.

Singkatnya, orang-orang bahagia yang memulai hari dengan perasaan positif tentang pekerjaan mereka akan memiliki hari yang menyenangkan.

Permudah beberapa pekerjaan

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada menghabiskan waktu menyelesaikan tugas yang tidak kamu nikmati. Sementara beberapa tugas tidak dapat dihindari, ada hal-hal tertentu yang dapat disederhanakan dan diotomatisasi dengan bantuan berbagai alat hingga layanan.

Jika bagian dari pekerjaan melibatkan untuk menjawab telepon dan menanggapi email pelanggan, kamu mungkin kewalahan oleh negativitas dan perasaan bahwa semua orang selalu marah kepadamu. Akibatnya, kamu akan takut pada pekerjaanmu sendiri. Kamu bisa menggunakan solusi dukungan pelanggan untuk mengotomatisasi beberapa proses ini.

Tak hanya itu, dari puluhan daftar tugas di bidang pemasaran, periklanan, hingga penanganan sumber daya manusia dapat dipermudah agar kamu dapat menghabiskan lebih banyak waktu melakukan tugas yang disukai.

Tersenyumlah pada orang-orang di sekitarmu

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk membuat pekerjaan terasa lebih menyenangkan adalah tersenyum kepada orang-orang di sekitarmu. Ketika seseorang muncul di kantor, beri mereka senyuman dan menyapanya sambil menanyakan kabar. Saat berjalan di koridor, tersenyumlah pada siapa pun yang kamu lewati.

Ini cenderung berhasil karena orang-orang akan membalas senyumanmu. Ketika kamu tersenyum, seseorang akan tersenyum kembali. Ini akan membuat suasana hatimu meningkat dan secara otomatis merasa lebih positif.

 

Ciptakan persahabatan di lingkungan kerja

Ilustrasi bekerja
Ilustrasi bekerja. Sumber foto: unsplash.com/Icons8 Team.

Apakah kamu adalah tipe orang yang menyelesaikan pekerjaan dan kemudian langsung pulang? Meskipun ini memungkinkan produktivitas dan efisiensi tetapi perkerjaanmu akan terasa membosankan. Kamu butuh teman kerja untuk membuat pekerjaan terasa lebih menyenangkan.

"Karyawan melaporkan bahwa ketika memiliki teman di tempat kerja, pekerjaan mereka terasa lebih menyenangkan, berharga dan memuaskan," ujar Christine Riordan kepada Harvard Business Review.

"Bersahabat dengan rekan kerja akan meningkatkan kepuasan sebesar 50 persen dan lebih mungkin terlibat penuh dalam pekerjaan mereka," tambahnya.

 Lakukanlah beberapa tips ini selama seminggu. Dijamin, kamu akan merasa lebih betah dan pekerjaan terasa lebih menyenangkan. Tertarik untuk mencobanya, Sahabat Fimela?

 

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Lanjutkan Membaca ↓