Sukses

Lifestyle

Mengenal Prinsip 80/20 untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Prinsip Pareto atau dikenal juga dengan aturan 80/20 adalah cara sederhana yang menyertakan 80% hasil dengan usaha 20%. Seperti yang dilansir dari Yourtango.com, prinsip ini menuai pro dan kontra namun secara umum memiliki perspektif dan manfaat yang baik untuk kehidupan sehari-hari.

Prinsip 20/80

1. Apakah kamu meluangkan waktu 20% setiap harinya dan mendapatkan kebahagiaan sebanyak 80%?

2. Apakah 20% hubungan sosial yang kamu lakukan setiap harinya berkaitan dengan meluangkan 80% waktu untuknya?

3. Apakah 20% client yang kamu miliki memberikan hasil sebanyak 80%?

4. Apakah 20% olahraga yang kamu lakukan membawa efek kesehatan hingga 80%?

5. Apakah 20% hal yang kamu lakukan memakan waktu sebanyak 80% dari waktu yang kamu miliki?

6. Apakah 20% yang kamu lakukan dalam hubungan memberikan rasa cinta, kebahagiaan, dan terkoneksi dengan pasangan?

Masih banyak contoh lainnya dari prinsip 20/80 yang bisa memberikan banyak hal positif dalam kehidupan. Untuk melakukan hal ini tentu banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendukungnya agar prinsip 20/80 bisa berjalan lebih sempurna. Penasaran apa saja dan bagaimana? 

Tips mudah jalani prinsip 20/80

1. Konsumsi air lebih banyak

Kekurangan air dalam tubuh mampu menyebabkan tubuh menjad cepat lelah, mengantuk, sakit kepala, daya ingat menurun, jerawat, dan sejumlah efek lainnya. Dengan konsumsi air yang cukup. maka tubuh akan memiliki energi lebih banyak, lebih awas, lebih fleksibel, terbebas dari gangguan tidur, dan sejumlah masalah lannya.

80/20 Rule: Belilah botol minum yang kamu sukai dan minum 3-4 botol setiap harinya tergantung dengan ukuran botol tersebut.

2. Konsumsi sayuran

Jika kamu konsumsi setengah piring sayur setiap kamu makan, tentu kamu akan jadi orang yang lebih sehat. Dalam hal ini, tubuh akan lebih fit, hasrat seksual yang baik, dan memiliki hidup yang lebih sukses.

80/20 rule: Konsumsi banyak sayuran setiap kali makan. Idealnya, setengah porsi dari makanan yang kamu konsumsi.

3. Dekatkan diri dengan alam

Waktu harian kerap dihabiskan di dalam ruangan. Hal ini tentu membuat tubuh jadi kurang bergerak. Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk terkoneksi dengan alam dengan menyempatkan diri bermain ke alam bebas untuk lakukan aktivitas outdoor yang menyenangkan.

80/20 rule: Lakukan aktivitas luar ruangan kapan saja ada kesempatan. Jika memungkinkan, lakukan olahraga pagi di luar ruangan sehingga kamu bisa menikmati udara segar.

4. Luangkan waktu dengan para sahabat

Manusia adalah makhluk sosial. Oleh sebab itu, manusia selalu membutuhkan teman. Bertemanlah di lingkungan yang baik dan dengan orang-orang yang dapat diandalkan. Jangan mengandalkan banyak teman, utamakan kualitas teman yang kamu miliki yang dapat mendukung kamu kala suka dan duka.

80/20 rule: Temukan grup kecil yang terdiri dari orang-orang yang dapat saling mendukung antara satu dan yang lainnya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading