Tips Sederhana Ini Cara Pancake Mengembang Tebal dan Lembut

Febi Anindya Kirana28 Jan 2020, 16:45 WIB
pancake

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa cara membuat pancake yang tebal dan lembut, salah satunya adalah menambah porsi telur dan mengocok sendiri putih telur dengan adonan lain sehingga putih telur mampu memberi ketebalan yang diinginkan saat dimasak.

Namun jika tak ingin repot mengocok sendiri putih telur terpisah dari bahan lainnya, ternyata ada cara sederhana yang bisa dicoba jika ingin mengembangkan pancake tebal dan lembut dengan resep paling biasa, yaitu mendiamkan adonannya.

Cara agar pancake mengembang alami

pancake
Photo by Estúdio Bloom on Unsplash

Paling tidak diamkan adonan pancake selama 10 menit. Setiap adonan yang melibatkan tepung memang perlu didiamkan agar bisa memberikan tekstur lembut dan menyatukan semua bahan yang dicampur dengan baik. Mendiamkan adonan akan memberi waktu bagi susu dan air untuk melembutkan tepung terigu.

Mendiamkan adonan juga menjadi waktu untuk baking powder dan telur bekerja lebih baik dalam mengembangkan adonan. Gelembung-gelembung udara yang muncul menjadi pertanda sudah siapnya adonan pancake dimasak.

Jadi, jika ingin pancake mengembang tebal dan bertekstur lembut tanpa banyak usaha, pastikan saja adonan sudah didiamkan lama sebelum dimasak.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓