5 Kreasi Sambal Leunca yang Menambah Selera Makan

Endah Wijayanti01 Feb 2020, 12:15 WIB
sambal leunca

Fimela.com, Jakarta Leunca atau pokak bisa dibuat jadi berbagai olahan sedap. Salah satunya adalah diolah menjadi sambal. Ada berbagai kreasi sambal leunca yang bisa kita coba untuk menambah selera makan.

Kita bisa menambahkan sejumlah bahan untuk membuat sambal leunca yang enak. Berikut beberapa kreasi sambal leunca yang bisa dibuat sendiri di rumah. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Sambal Teri Leunca

Kita bisa menggunakan teri dan udang rebon untuk membuat sambal leunca yang enak. Siapkan leunca goreng, ter goreng, dan udang rebon goreng. Haluskan bawang putih, bawang merah, terasi matang, dan tomat, lalu tumis sampai harum. Tambahkan teri, leunca, dan udang rebon. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Tambahkan sedikit air. Masak hingga air menyusut. Sajikan.

2. Sambal Leunca Ikan Asin Tempe Semangit

Yang ini juga cocok dinikmati dengan nasi putih atau sebagai pelengkap lalapan. Rendam dulu ikan asin dengan air panas, cuci bersih, lalu goreng kering. Siapkan tempe semangit yang dihancurkan kasar dan leunca. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai, lalu tumis hingga harum. Masukkan leunca dan tempe. Aduk sebentar, tambahkan ikan asin goreng. Tambahkan air, gula, dan garam. Aduk rata lalu angkat untuk disajikan.

3. Sambal Leunca Kemangi

leunca
copyright By Harismoyo (Shutterstock)

Bila suka dengan sambal beraroma kemangi, yang satu ini bisa dicoba. Haluskan cabai, bawang putih, kencur, terasi, gula merah, dan garam. Kemudian, tambahkan leunca, ulek kasar. Masukkan kemangi, aduk rata. Sambal leunca kemani siap dinikmati sebagai pelengkap nasi dan aneka lauk launnya.

4. Sambal Leunca Pete

Perpaduan leunca dan pete bisa menghasilkan sambal yang enak. Siapkan pete dan leunca yang sudah dicuci bersih. Ulek cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, dan terasi. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan daun salam. Setelah bumbu matang, tambahkan air lalu didihkan. Beri garam, gula merah, dan gula pasir. Koreksi rasa. Masukkan pete dan leunca. Masak hingga leunca dan pete matang. Sambal leunca pete siap disajikan.

5. Sambal Leunca Oncom

Sambal leunca yang satu ini cukup populer. Ulek kasar oncom. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit ijo. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan leunca, masak hingga leunca sedikit layu. Tambahkan oncom, gula, dan garam. Koreksi rasa. Setelah tercampur rata, angkat dan sajikan.

Sambal leunca yang mana nih yang jadi favoritmu? Semoga infonya bermanfaat dan membuatmu lebih bersemangat memasak, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓