Tak Sempat Olahraga? Lakukan 5 Gerakan Ini untuk Meregangkan Otot di Meja Kerja

Fimela Editor29 Jan 2020, 12:30 WIB
Tak Sempat Olahraga? Lakukan 5 Gerakan Ini untuk Meregangkan Otot di Meja Kerja

Fimela.com, Jakarta Saat pekerjaan di kantor menumpuk dan membuat kamu harus lembur, rutinitas olahraga sesudah pulang kantor pun jadi tertunda. Namun, jangan sampai otot-otot tubuh jadi kaku hanya karena hal ini. Ada beberapa gerakan yang dapat kamu lakukan tanpa harus meninggalkan meja kerja.

Penting untuk diketahui, lebih dari seperempat orang dewasa yang bekerja di kantor duduk selama lebih dari delapan jam sehari. Ini adalah bukan hal yang baik jika dilakukan terus-menerus, malah akan membuat badan terasa pegal. Jika kamu sedang tak sempat olahraga karena banyaknya pekerjaan di kantor, tenang saja karena ada banyak pilihan gerakan peregangan yang dapat dicoba bahkan dalam keadaan duduk.

Melakukan peregangan di tempat kerja tidak hanya akan membuat tubuh lebih rileks, namun juga dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan fokus. Sementara duduk dalam waktu yang lama dapat meningkatkan stres dan merusak konsentrasi. Melansir dari Bustle.com, berikut beberapa gerakan untuk meregangkan otot yang terasa pegal saat tak sempat olahraga.

Behind-Your-Chair Stretch

Apakah kamu ingin meregangkan tubuh bagian atas tanpa bangkit dari kursi? Tentu saja bisa. Hubungkan kedua tangan di belakang kursi dan gerakkan ke arah langit-langit. Ini merupakan gerakan peregangan otot yang santai tetapi menyenangkan. Jika tidak bisa meletakkan tangan di belakang kursi, kamu bisa maju sedikit ke depan dan melakukan gerakan yang sama sambil menggenggam tangan di belakang.

T-Spine Twist

Kamu tidak harus bangun dari kursi untuk meregangkan otot punggung. Banyak orang yang cenderung membungkuk di depan komputer dan membuat tulang punggung menjadi kaku. Untuk membantu meregangkan kembali tulang belakangmu, kencangkan tangan kiri di kursi bersebelahan kaki kiri. Dengan menggunakan tangan kanan untuk memandu, pegang bagian belakang kursi dengan tangan kanan dan biarkan tubuh berputar perlahan ke kanan. Jangan lupa untuk melakukannya sambil mengatur napas.

Sky Reach

Kamu dapat menyatukan jari-jari atau memisahkan tangan. Gunakan lenganmu untuk menjangkau ke langit-langit sambil mengambil napas dalam-dalam. Untuk menambah regangan, condongkan peregangan ini dari sisi ke sisi sehingga kamu dapat lebih fleksibel untuk melakukan gerakan yang satu ini.

 

Gerakan Peregangan Leher

Peregangan Leher
Peregangan Leher (Photo by Catherine on Unsplash)

Memiringkan kepala untuk membangunkan otot-otot di leher bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi ketegangan otot, akibat terus menatap layar di depanmu. Biarkan kepala jatuh ke depan dan gerakan kepala dalam lingkaran lambat, pertama ke arah satu arah dan kemudian ke arah sebaliknya. Pastikan selalu melakukan gerakan ini dengan kontrol. Nantinya, rasa tegang yang ada pada otot leher akan menghilang.

 

Gerakan Peregangan Bahu

Gerakan Peregangan Bahu
Peregangan Bahu di Meja Kerja (Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash)

Untuk membuat bahu menjadi lebih rileks, rentangkan lengan kiri ke arah kanan. Gunakan lengan kanan untuk memeluk lengan kiri dekat dada. Goyangkan dan lakukan hal yang sama pada sisi bahu yang lain sambil mengatur napas.

 

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Lanjutkan Membaca ↓