Kenali Perbedaan Penting antara Yoga dan Pilates

Fimela Editor31 Jan 2020, 12:30 WIB
Kenali Perbedaan Penting antara Yoga dan Pilates

Fimela.com, Jakarta Bingung saat harus memilih olahraga yoga atau pilates? Sepintas kedua olahraga ini memang terlihat sama, namun ternyata ada beberapa perbedaan yang patut kita ketahui. Kedua olahraga ini relatif lebih tenang ketimbang jenis olahraga lainnya, baik pilates maupun yoga fokus pada pernapasan

Dilansir dari Bustle.com berikut beberapa perbedaan antara yoga atau pilates.

Sejarah

Seperti yang diketahui dalam yoga, pose fisik hanya satu bagian dari keseluruhan gerakan yang ada di delapan cabang yoga klasik. Mencakup pedoman etis dan berpusat pada konsentrasi, kesadaran, hingga meditasi.

Di sisi lain, pilates dikembangkan pada tahun 1920-an oleh Clara dan Joseph Pilates yang menciptakan sebuah alat reformis untuk membantu orang-orang dalam gerakan penguatan inti yang mendalam. Dengan fokus pada penyembuhan tubuh, sejarah pilates penuh dengan latihan yang diciptakan untuk prajurit, penari, dan atlet yang terluka untuk pulih dan menemukan kembali kekuatan fisik mereka.

Memilih latihan dengan niat adalah cara yang bagus untuk memupuk hubungan yang kuat antara dirimu dan gerakan yoga atau pilates yang dipelajari. Mengetahui sejarahnya adalah awal yang baik.

Spiritualitas

Yoga memiliki sejarah panjang mewujudkan gaya hidup spiritual dan etika holistik. Sedangkan pilates lebih modern dan dikembangkan untuk rehabilitasi fisik. Menurut Aliansi Metode Pilates, olahraga pilates dipengaruhi oleh masuknya tentara Eropa yang kembali dari Perang Dunia I. Banyak di antara mereka yang membutuhkan terapi secara fisik. Jika yoga memusatkan pertumbuhan spiritual, maka pilates menekankan pengembangan kekuatan fisik. Kedua jenis latihan ini dapat memiliki dampak yang sangat berpengaruh, tetapi jika kamu mencari latihan spiritual yang lebih eksplisit, yoga mungkin adalah jawabannya.

Pernapasan

Dalam yoga, napas dimaksudkan sebagai cara untuk relaksasi dan memperdalam pemahaman tentang gerakan sehingga dapat terhubung dengan tubuhmu. Sedangkan pilates juga masih berhubungan erat dengan napas tetapi untuk alasan yang berbeda. Bernapas dalam pilates lebih mirip dengan bernapas saat mengangkat beban, karena tujuannya untuk membawa energi ke otot-ototmu selama repetisi.

Kedua jenis pernapasan ini akan membantu mendapatkan kontrol napas yang lebih besar tetapi jika kamu mencari alternatif yang lebih dekat dengan cara bernapas saat mengangkat beban, pilates dapat menjadi pilihan. Namun, jika motivasi utama dalam memilih latihan adalah mengurangi kecemasan, pernapasan dalam yoga memiliki keunggulan 

 

Kekuatan dan Fleksibilitas

Pilates
Ilustrasi pilates (Photo by Maddi Bazzocco on Unsplash)

Percayalah, dengan yoga kamu akan menjadi kuat. Namun, penekanan dalam yoga cenderung pada kerja napas dan fleksibilitas ketimbang membangun kekuatan atau merehabilitasi cedera. Jika kamu ingin meningkatkan level kekuatan inti dengan cepat, pilates mungkin cara yang tepat tetapi jika fleksibilitas merupakan prioritas langsung, yoga mungkin lebih cocok.

Nah, itu dia beberapa perbedaan penting antara yoga dan pilates yang harus kamu kenali dan ketahui. Jadi, tertarik pilih olahraga yang mana, Sahabat Fimela?

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Lanjutkan Membaca ↓