5 Vitamin untuk Kesehatan Perempuan

Karla Farhana29 Jan 2020, 16:00 WIB
[Fimela] Perempuan

ringkasan

  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan begizi tinggi memang sangat penting. Ini merupakan cara yang baik sebagai upaya memenuhi kebutuhan vitamin.
  • Tubuh yang sehat dan tidak gampang sakit merupakan salah satu indikasi kalau nutrisimu sudah terpenuhi.
  • Mengetahui apa saja vitamin paling penting untuk tubuhmu menjadi salah satu awal yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Seberapa sering kamu mendengar orangtua mengingatkanmu untuk mengonsumsi vitamin dengan teratur? Meski kamu merasa sebal, namun sebenarnya kamu sadar kalau asupan vitamin itu penting untuk kesehatan tubuh. 

Mengonsumsi makanan yang sehat dan begizi tinggi memang sangat penting. Ini merupakan cara yang baik sebagai upaya memenuhi kebutuhan vitamin. Tapi, seberapa banyak kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh? Lantas, bagaimana kamu tahu kalau tubuhmu sudah memenuhi standar nutrisi? 

Tubuh yang sehat dan tidak gampang sakit merupakan salah satu indikasi kalau nutrisimu sudah terpenuhi. Namun, penting juga untuk mengetahui apakah nutrisi yang selama ini kamu konsumsi sudah seimbang. Caranya, tulis Women's Health Magazine, dengan mengetahui apa saja vitamin-vitamin penting yang dibutuhkan tubuh, dan dari mana sumbernya. Terutama perempuan, karena ada beberapa vitamin yang dibutuhkan organ reproduksi dan hormon perempuan agar seimbang. Apa saja?

Zat Besi

[Fimela] Bayam
Bayam merupakan sumber utama zat besi | unsplash.com/@heathergill

Zat besi berfungsi untuk mengangkut oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Juga memperbaiki produksi sel darah merah yang sangat penting perannya bagi seluruh sistem tubuh. Kekurangan zat besi bagi perempuan sangat fatal, karena bisa menyebabkan anemia yang parah. Makanlah lebih banyak bayam untuk menjaga asupan zat besi tetap terpenuhi. 

Kalsium

Kalsium bukan cuma dibutuhkan orang-orang yang sudah berusia lanjut. Bagi perempuan muda, kalsium berfungsi untuk membangun kekuatan gigi dan tulang, sehingga tidak keropos pada saat kamu sudah menua. Kalsium dapat diperoleh dari susu dan berbagai produk olahan susu. 

Folat

Folat bagi perempuan sangat penting. Gunanya, untuk memproduksi sel-sel baru, termasuk sel darah merah. Folat juga sangat penting bagi fungsi kerja otak. Kenapa penting untuk perempuan? Kekurangan folat ternyata dapat mendorong timbulnya sejumlah gangguan kesehatan dan meningkatkan risiko timbulnya kanker serviks, kolon, dan paru-paru. 

Biotin

[Fimela] Ilustrasi Kuku
Ilustrasi Kuku | unsplash.com/@element5digital

Kuku dan rambut adalah dua bagian tubuh yang sangat penting bagi perempuan. Biotin menguatkan rambut dan juga kuku, agar tidak mudah patah dan tetap sehat berkilau. Kekurangan biotin biasanya akan mengakibatkan rambut rontok dan kuku yang rapuh. 

Selain mengonsumsi vitamin tambahan, biotin juga bisa diperoleh dari kembang kol, hati ayam, ubi, almond, avokad, susu, telur, dan rasberi. 

Vitamin B

Baik vitamin B6 dan B12, keduanya sangat penting untuk kesehatan tubuh. Keduanya membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi dan juga memiliki kontribusi pada keseahtan kulit, rambut, dan mata. 

Kekurangan Vitamin B ternyata tidak hanya menimbulkan gangguan kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Pasalnya, kekurangan vitamin B dapat meningkatkan risiko depresi. 

Tentu saja, masih banyak vitamin lain yang juga penting untuk tubuh perempuan. Seperti Vitamin C dan D. Jangan juga melupakan nutrisi lainnya yang juga penting seperti omega-3, probiotik, dan lain sebagainya. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓