5 Jenis Bumbu Dapur untuk Tingkatkan Kerja Otak

Gayuh Tri Pinjungwati29 Jan 2020, 18:15 WIB
bahan dapur

Fimela.com, Jakarta Semakin hari sebagian orang sadar menjaga kesehatan tubuh itu penting, salah satunya menjaga kesehatan otak. Otak merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting untuk mengendalikan fungsi tubuh lainnya. Sebagian besar orang kadang tidak menyadari bahwa bahan makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh salah satunya otak.

Bumbu dapur yang sering dipakai untuk memasak pun ternyata memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan kinerja otak manusia. Berikut ini beberapa jenis bumbu dapur yang dapat meningkatkan kerja otak.

Jahe

Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki khasiat menghangatkan tubuh. Selain itu kandungan antioksidan pada jahe dapat melindungi otak dari radikal bebas.

Bawang Putih

Bawang putih memang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mencegah kerusakan sel dan mengurangi resiko penyakit otak seperti alzheimer.

 

Lada Hitam

lada hitam
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Abdul Hakam Jahidin

Bumbu dapur yang memiliki ukuran kecil ini ternyata memiliki beberapa manfaat untuk otak. Kandungan piperin pada lada hitam dapat menenangkan jaringan syaraf pada otak, sehingga membuatnya lebih rileks.

Cabai

Sebagian orang mungkin menghindari bahan makanan yang satu ini, memang rasanya pedas. Namun perlu diketahui bahwa, rasa pedas pada cabai dapat merangsang otak untuk mengeluarkan endorfin yang mengurangi rasa sakit dan menimbulkan perasaan lebih sehat.

Bawang Merah

Selain membuat lezat makanan, bawang merah memiliki kandungan vitamin yang baik bagi otak. Bawang merah memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A, B, dan C. Kandungan vitamin B seperti folat pada bawang merah dapat menjaga kesehatan emosional dan mental seseorang.

Ternyata cukup banyak manfaat bumbu dapur untuk ksehatan salah satunya untuk kesehatan otak. Tetap jaga kesehatan supaya, dapat melakukan aktivitas sehari-hari, dan jaga pola makan dengan baik.

#GrowFearless With FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓