Imbangi Lelahmu dengan Merawat Tubuh dan Hatimu

Endah Wijayanti29 Jan 2020, 14:34 WIB
make up mahal

Fimela.com, Jakarta Tahun baru, diri yang baru. Di antara kita pasti punya pengalaman tak terlupakan soal berusaha menjadi seseorang yang lebih baik. Mulai dari usaha untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan, menjalin hubungan, meraih impian, dan sebagainya. Ada perubahan yang ingin atau mungkin sudah pernah kita lakukan demi menjadi pribadi yang baru. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Change the Old Me: Saatnya Berubah Menjadi Lebih Baik ini.

***

Oleh: S. A. - Tangerang Selatan

2020 sudah menyambut, membuatku mengingat kilas balik tentang pencapaian yang sudah kucapai selama beberapa kurun waktu terakhir. Padatnya rutinitas setiap harinya terkadang membuatku tidak sadar begitu cepatnya sampai akhirnya tahun telah berganti.

Senang rasanya memulai sesuatu yang belum familier, terasa baru, dangan tingkat antusiasme yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kegiatannya. Walaupun di tengah perjalanan itu tidaklah mudah untuk mengubah suatu kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang lebih baik, menjadikan sebuah tantangan tersendiri untuk terus mencoba.

Seperti salah satu contoh kecilnya, sebut saja kehidupan perkuliahan paling dekat dengan membentuk kebiasaanku yang kurang sehat dan akrab dengan jadwal tidur yang tak menentu. Entah itu larut malam atau menjelang pagi tiba, mengingat sistem kerjaku yang SKS (sistem kebut semalam), deadline tiba, revisi sidang pertama usai, barulah mata ini ikut memejam.

 

Mengambil Jeda Itu Penting

zodiak
ilustrasi./Photo by JoelValve on Unsplash

Lambat laun lelah rasanya, ingin membiasakan diri dengan sistem cicilan, sistem bekerja secara efektif. Mengingat kurang tidur secara terus-menerus secara pribadi membuatku mudah untuk terdistraksi, kurang konsentrasi, mudah lupa, dan terkadang pun mudah mempengaruhi mood juga. Ah, maafkan aku teruntuk sepasang kantung mataku yang selama ini selalu menjadi saksi bisu.

Dari hal-hal seperti itu mengingatkanku sekeras apa pun kita berusaha, bekerja, berkutat dengan urusan duniawi, dengan mengemban tanggung jawab yang kita miliki, ingatlah untuk memberi jeda dan ruang untuk beristirahat. Tidak ada salahnya untuk memberi reward untuk diri kita sendiri, apa pun bentuknya sesuai dengan hal yang kita sukai. Makanan, barang, solo traveling, ataupun jika senang untuk memanjakan diri beristirahat di rumah untuk sekdar menonton acara film favorit. Maskeran dan rebahan pun tak apa sebagai salah satu bentuk cara kita menghargai dan mengapresiasi diri atas apa yang telah kita lakukan. Don’t push yourself too hard. Take your time to rest and live your life to the fullest.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓