Tips Mengatasi Perut Kembung

Gayuh Tri Pinjungwati29 Jan 2020, 18:45 WIB
kembung

Fimela.com, Jakarta Perut kembung merupakan kondisi dimana perut terasa penuh karena saluran pencernaan terisi oleh udara. Kondisi ini membuat tidak nyaman bagi penderitanya. Siapa saja dapat mengalami masuk angin, baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Gelaja perut kembung paling umum yaitu, merasakan mual, pusing, dan terkadang mengalami keringat dingin. Masuk angin juga dapat menyebabkan susah mengeluarkan gas yang ada di dalam perut serta susah bersendawa. Berikut ini tips mengatasi perut kembung dengan mudah.

Kompres Mengguakan Air Hangat

Jika Sahabat Fimela mengalami perut kembung, ada baiknya untuk mengompres perut dengan air hangat. Hal ini bertujuan untuk mengendurkan otot-otot di bagian perut menjadi lebih rileks serta memungkinkan gas yang ada di dalam perut dapat keluar.

Hindari Minuman Bersoda

Bagi sebagian orang yang mengalami perut kembung biasanya mengonsumsi minuman bersoda supaya dapat bersendawa. Namun perlu di ketahui, bahwa kandungan gula buatan pada minuman bersoda dapat memicu menumpuknya gas, sehingga membuat perut menjadi semakin kembung. Terlebih jika minuman bersoda itu dikonsmsi dalam keadaan dingin.

Minumlah Air Hangat

5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Air Hangat
Bukan cuma memenuhi kebutuhan cairan tubuh, ternyata air hangat juga punya manfaat lain.

Untuk mengurangi perut kembung cobalah untuk minum air hangat, dapat juga minum teh atau jahe hangat. Teh hangat di campur dengan daun mint juga dapat meredakan perut kembung.

Makan Pelan-Pelan

Mengunyah makanan dengan tergesa-gesa dapat menyebabkan perut kembung, karena memicu banyaknya udara yang masuk ke dalam perut. Usahakan untuk mengunyah makan dengan pelan dan hingga lembut.

Seseorang yang mengalami perut kembung tidak hanya dianggap sebagai masuk angin namun perut kembung juga dapat menandakan seseorang mengalami sakit maag. Jika masih merasakan perut kembung disertai nyeri hingga berhari-hari, maka segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

#GrowFearless With FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓