Sukses

Lifestyle

Fakta tentang Manfaat Masker Wajah untuk Melindungi Diri dari Penyakit

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini dunia sedang dihebohkan dengan penyebaran virus Corona yang belum ditemukan anti virusnya, membuat semua orang hanya berasumsi bahwa cara pencegahan terbaik adalah menggunakan masker wajah. Namun, apakah penggunaan masker wajah benar-benar efektif untuk melindungi diri dari penyakit?

Menurut para ahli, penggunaan masker wajah memang bisa memperlambat penyebaran virus di udara. Berdasarkan sebuah studi yang pernah dilakukan di tahun 2008, mereka yang rajin menggunakan masker wajah memiliki kemungkinan 80% lebih kecil terserang flu.

Sedangkan berdasarkan laporan di tahun 2009, mereka yang juga sering mencuci tangannya menurunkan risiko terkena flu sekitar 70%. Namun, fakta menarik yang harus kamu ketahui adalah bahwa sebagian orang menggunakan masker wajah bukan untuk menghindari penyakit, namun untuk melindungi orang lain dari kuman atau virus yang berbahaya, seperti dilansir dari huffpost.com, Kamis (29/1/2020).

 

Manfaat masker untuk pencegahan penyakit

Ada dua jenis masker wajah yang bisa membantu mengurangi kemungkinan terkena virus penyakit, yaitu masker wajah dan respirator bedah atau dikenal sebagai masker N-95. Masker-masker ini memang bisa memperlambat penyebaran virus, namun tidak benar-benar menghilangkannya.

Masker wajah juga longgar dan relatif tipis, sehingga tidak benar-benar aman. Sedangkan respirator membuat penggunanya kesulitan bernapas, sehingga orang hamil harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Seberapa baik manfaat masker wajah juga tergantung dari bagaimana kamu menggunakannya. Pastikan kamu menggunakan sisi yang benar, merapatkan bagian hidung, mengencangkan bagian belakang telinga, dan menutup celah di sekitar rahang. Apa kamu sudah memakai masker wajah dengan benar?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading