Beli atau Sewa Rumah? Pertimbangkan Hal Ini

Ayu Puji Lestari02 Feb 2020, 17:15 WIB
Keuangan

Fimela.com, Jakarta Tempat tinggal adalah kebutuhan pokok. Apalagi kamu sudah hidup jauh dari keluarga. Untuk mendapatkan tempat tinggal, kamu bisa membeli atau menyewanya.

Membeli atau menyewanya tentu butuh pertimbangan yang jelas. Jangan sampai salah langkah. Apakah lebih baik membeli atau justru menyewanya? Banyak jawaban yang perlu dipertimbangkan. Jangan hanya karena 'gengsi" kamu malah susah ke depannya.

Jika Memutuskan Membeli Rumah

Membeli rumah apalagi dengan sistim KPR adalah komitmen jangka panjang. Jadi, pastikan kamu siap dengan komitmen tersebut. Membeli rumah juga berarti siap dengan biaya ekstra yang harus kamu keluarkan. Mulai dari listrik, air hingga perawatan lainnya.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah siapkah kamu dengan rencana jangka panjangmu. Lokasi rumah yang dibeli apakah bisa ditempuh, atau tidak. Sarana transportasi menjadi pertimbangan utamamu.

Ingat selalu menyiapkan dana darurat untuk biaya tak terduga, seperti perbaikan rumah. Hal ini penting, karena memperbaiki rumah tidak bisa ditunda.

Jika Memilih Sewa Rumah

Menabung
Ilustrasi/copyright shutterstock By eggeegg

Menyewa rumah memang lebih murah, bahkan dapat menekan biaya kebutuhan tempat tinggalmu. Meskipun dengan menyewa biaya yang kamu butuhkan murah, namun kamu tidak mendapatkan aset. yang kamu peroleh hanya hak sewa guna. Yakin mengeluarkan biaya, yang mungkin sama dengan angsuran rumah tanpa pernah memilikinya?

Meskipun demikian sewa rumah pun akan memberikanmu pilihan yang lebih banyak. Dan lebih mudah untuk mempertimbangkan lokasi sewa rumah dan tempat kerjamu.

Menyewa atau membeli rumah sama baiknya. Yang perlu kamu perhatikan adalah situasi keuanganmu. Jangan hanya karena 'gengsi' kamu memutuskan membeli rumah tanpa mempertimbangkan hal lainnya. Selamat memilih.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓