4 Hal Penting untuk Dilakukan agar Lebih Baik di Usia 40-an

Endah Wijayanti31 Jan 2020, 16:15 WIB
30 tahun

Fimela.com, Jakarta Tahun baru, diri yang baru. Di antara kita pasti punya pengalaman tak terlupakan soal berusaha menjadi seseorang yang lebih baik. Mulai dari usaha untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan, menjalin hubungan, meraih impian, dan sebagainya. Ada perubahan yang ingin atau mungkin sudah pernah kita lakukan demi menjadi pribadi yang baru. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Change the Old Me: Saatnya Berubah Menjadi Lebih Baik ini.

***

Oleh: Sri Sekartadji - Malang

Waktu terus berlalu, tahun demi tahun akan berganti. Tak terasa, kini usiaku sudah merambat menuju angka 40-an. Uban mulai bersemi serta keriput menghiasi wajah. Menua merupakan sebuah proses yang tak bisa dihindari. Bersyukur sekali karena aku masih berkesempatan untuk mendampingi keluarga serta diberi nikmat kesehatan.

Namun, setelah melakukan muhasabah diri, rasanya belum ada perubahan yang berarti dalam diri. Hal ini sudah seharusnya tak dibiarkan berlarut-larut agar di masa depan menjadi pribadi yang memesona dan lebih baik. Oleh karena itu, aku pun segera melakukan evaluasi untuk memperbaiki diri. Hasilnya, banyak catatan yang harus dicermati, baik sebagai seorang ibu maupun pasangan.

Dengan evaluasi, akhirnya inilah beberapa hal yang harus kulakukan.

Menata Hati

Manusia diciptakan untuk beribadah serta menjadi khilafah di muka bumi. Jadi sudah sewajarnya meluruskan niat dalam beramal. Selama ini, banyak amal perbuatan yang masih ingin dilihat serta dipuji orang lain. Menjaga hati sungguh tak mudah karena banyak godaan yang melintas. Apalagi, di era digital saat ini. Akun media sosial merupakan tempat yang menggoda untuk memamerkan segala aktivitas. Segala bentuk aktivitas yang kecil pun sangat mudah diunggah dengan sentuhan jari.

 

Lebih Bersyukur

menahan emosi
ilustrasi./Photo by Raka Miftah from Pexels

Rumput tetangga kerap tampak lebih hijau dan segar. Terkadang, aku melupakan bahwa diriku juga memiliki sebuah kebun yang dapat ditanami aneka bunga. Selalu merasa kurang merupakan sifat dasar manusia. Namun, jika hal tersebut dibiarkan, dapat mengotori hati serta menghilangkan rasa kepercayaan diri. Begitu banyak anugerah yang didapat, tetapi masih melirik nikmat orang lain. Daripada terus larut dengan kehidupan orang, alangkah lebih baik jika melakukan aktivitas bermanfaat.

Menjaga Pola Hidup yang Baik

Menerapkan pola hidup sehat dapat membuat tubuh menjadi tetap bugar. Di usia yang semakin menua, berolahraga dan menjaga asupan makanan yang sehat mutlak harus dilakukan. Hal ini juga merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Sang Maha Kuasa. Bagaimana aku akan menjadi pribadi yang lebih baik jika tubuh rapuh?

Memperbaiki Manajemen Waktu

Waktu adalah pedang. Apabila waktu dimanfaatkan dengan baik maka akan membawa kesuksesan. Sebaliknya, jika peluang yang ada diabaikan, kesempatan akan hilang bagai tertebas pedang. Selama ini, banyak waktuku yang terbuang sia-sia. Tak mudah menerapkan jadwal yang sudah disusun, diperlukan disiplin diri serta konsistensi.

Menjadi pribadi yang lebih baik tidak akan didapat secara instan. Namun, diperlukan tekad serta kerja sama dengan orang-orang yang ada di sekitar. Proses metamorfosis diri menjadi lebih baik akan membawa dampak serta berimbas positif untuk keluarga dan lingkungan. Semoga diriku menjadi pribadi yang lebih baik seiring bertambahnya usia. Amin.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓