Berkenalan dengan Allulose, Jenis Gula Terbaru yang Aman Dikonsumsi

Annissa Wulan01 Feb 2020, 13:00 WIB
Gula Pasir

Fimela.com, Jakarta Di awal tahun ini, sedang populer jenis gula terbaru untuk dikonsumsi yaitu allulose. Apa itu allulose?

Allulose memiliki banyak perbedaan dibandingkan dengan alternatif gula lainnya, seiring dengan meningkatkan kekhawatiran tentang dampak kesehatan jika mengonsumsi gula berlebih. Yang perlu kamu ketahui adalah bahwa allulose sebenarnya bukan hal baru.

Dilansir dari self.com, Sabtu (1/2/2020), allulose secara alami terjadi pada tanaman, seperti buah ara atau kismis, namun dalam jumlah yang sangat kecil, sehingga statusnya sangat langka. Allulose benar-benar gula, bukan pemanis buatan.

Tepatnya, allulose adalah monosakrida atau gula tunggal, di mana formula molekul untuk allulose identik dengan gula sederhana yang biasa dikonsumsi, seperti glukosa dan fruktosa. Beberapa waktu belakangan, FDA mengakui allulose adalah jenis gula yang aman untuk dikonsumsi.

 

Berkenalan dengan allulose, jenis gula terbaru yang aman dikonsumsi

[Fimela] Gula
Ilustrasi gula | unsplash.com/@sharonmccutcheon

Selain dapat ditemukan di berbagai makanan, seperti permen karet, selai, dan jeli, kamu bisa menemukan allulose murni dalam bentu sirup dan butiran. Menariknya, tubuh menangani allulose berbeda dari jenis gula lainnya.

Biasanya gula akan diserap ke dalam aliran darah dengan segera untuk memberikan energi instan, sedangkan molekul allulose terikat sedemikian rupa sehingga enzim pencernaan tidak dapat sepenuhnya memecah allulose, dan mengekstraksi energi di dalamnya. Inilah yang kemudian membuat allulose hanya memiliki kalori yang sangat sedikit, nilai gizinya mirip dengan pengganti gula rendah kalori atau bahkan bebas kalori.

Allulose dinyatakan memiliki rasa yang mirip dengan gula biasa dan bereaksi dengan baik pada roti, serta panas. FDA juga menyatakan bahwa allulose memiliki toleransi yang baik terhadap pencernaan. Pernah mencoba gula jenis terbaru ini?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓