Cara Membuat Adonan Pierogi yang Kenyal dan Gurih

Febi Anindya Kirana05 Feb 2020, 09:45 WIB
adonan Pierogi

Fimela.com, Jakarta Pernah membuat adonan Pierogi? Mungkin pernah, karena sebenarnya cara membuatnya persis seperti membuat adonan kulit pangsit, hanya saja yang membedakan pierogi dengan pangsit adalah isiannya. Pierogi sendiri merupakan camilan gurih yang biasanya dibuat di Eropa Timur. Bagaimana cara membuatnya? Simak sekian tips berikut ini.

1. Komposisi yang tepat

Umumnya bahan membuat pierogi dough adalah tepung terigu, air, telur, dan garam. Adonan tidak boleh terlalu lengket atau terlalu keras sehingga adonan tidak pecah atau susah dibentuk.

2. Gunakan air hangat

Resep Pierogi
ilustrasi Pierogi/copyright by freeskyline (Shutterstock)

Penting menggunakan adonan pierogi dengan air hangat karena membantu proses blending atau pencampuran semua bahan. dengan penambahan air yang pas, adonan akan mudah diuleni dan inilah awal bagus memastikan Pierogi yang enak.

3. Masukkan terigu terakhir

Untuk adonan yang tercampur rata dan mudah dibuat, selalu campurkan dulu telur, garam dan air secukupnya. Kemudian masukkan tepung terigu dan aduk hingga padat. Uleni terus adonan hingga tidak lengket dan lentur.

4. Diamkan

Setelah adonan kalis, selalu diamkan lebih dulu. Bungkus adonan dengan plastik atau tutup dengan kain. Semua dough harus didiamkan agar gluten di dalamnya bisa berkembang. Proses ini juga akan membuat adonan lebih lembut dan mudah dibentuk.

Itu dia sekian cara agar adonan pierogi kenyal, lembut dan gurih. Bisa dicoba di rumah ya.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓