Tips Sukses Membuat Kulit Martabak Rumahan Tipis dan Renyah

Febi Anindya Kirana04 Feb 2020, 16:45 WIB
martabak telur

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang menyukai kulit martabak telur yang lembut dan empuk, tapi ada juga yang suka bagian kulitnya krispi dan renyah. Untuk membuat adonan kulit martabak yang seperti ini memang diperlukan teknik khusus, tapi bisa dibuat di rumah dengan mudah. Ikuti saja sekian tips berikut ini.

1. Tepung beras

Gunakan tepung terigu dengan campuran tepung beras untuk tekstur keras dan renyah. Cukup tambahkan satu hingga dua sendok makan tepung beras dalam setiap 100 gr tepung terigu. Penambahannya bisa disesuaikan. 

2. Minyak goreng

Jangan salah menggunakan margarin atau mentega untuk kulit maratabak, jangan pula menggantinya. Bahan penting yang digunakan dalam membuat kulit martabak yang renyah adalah minyak goreng. Meski sama-sama lemak namun fungsinya berbeda dan sangat memengaruhi hasil adonan.

3. Uleni hingga kalis

martabak telur
Martabak camilan lezat di sore hari/copyright: shutterstock

Setelah adonan dicampurkan, uleni dulu selama kurang lebih 5 menit hingga kalis. Proses menguleni cukup penting karena membantu adonan tercampur merata sekaligus membuatnya agar bisa elastis.

4. Rendam minyak

Proses ini sangat penting karena membantu adonan martabak lentur, elastis dan hasilnya renyah ketika digoreng. Adonan martabak juga bisa digilas hingga sangat tipis namun tidak mudah putus. Proses perendaman bisa berlangsung 30-60 menit atau semalaman.

5. Minyak cukup banyak

Pilih wajan yang cukup lebar sehingga bisa menggoreng martabak dengan baik. Gunakan minyak cukup banyak dengan api kecil setelah minyak benar-benar panas agar martabak matang merata, tidak gosong namun hasil kulit akan garing, dan krispi renyah.

Itu dia sekian cara membuat kulit martabak yang tipis namun tetap renyah dan krispi.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓