Tidak Hamil, Ini 7 Alasan Menstruasi Selalu Telat

Febi Anindya Kirana04 Feb 2020, 17:45 WIB
menstruasi perempuan

ringkasan

  • Tubuh kamu belum menyelesaikan siklusnya
  • Kurang makan atau diet ketat
  • Minum pil KB atau obat tertentu
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Umumnya setiap perempuan mengalami menstruasi setiap bulan meski tidak selalu tepat waktu. Beberapa perempuan sering mengalami telat menstruasi namun tak paham apa alasannya karena umumnya tubuh tidak merasakan sakit atau perbedaan yang berarti. Ternyata ini sekian penyebab paling umum telat menstruasi.

1. Tubuh kamu belum menyelesaikan siklusnya

Terkadang menstruasi bisa telat sehari hingga beberapa hari. Hal ini wajar, ketika haid meleset sedikit dari jadwal seharusnya, bisa jadi tubuh belum menyelesaikan siklusnya. Jadi tidak usah khawatir. Untuk remaja, hal ini juga lebih sering terjadi karena tubuh masih menysuaikan diri.

2. Stres

Kondisi pikiran atau mental yang stres juga jadi penyebab umum telatnya menstruasi. Ketika tertekan, marah, kesal atau memendam perasaan sedih, tubuh akan menahan sel telur untuk dilepaskan dari ovarium, setelah emosimu cukup stabil, tubuh merasa lebih siap melepaskan telur dan melakukan siklusnya. Seringkali ketika stres, menstruasi bisa terlambat berminggu-minggu atau sebulan lebih.

3. Tubuh sedang sakit

menstruasi perempuan
ilustrasi pembalut menstruasi/copyright By La corneja artesana (Shutterstock)

Jika tidak enak badan, tubuh secara otomatis akan menganggap dirimu tidak siap untuk hamil. Tubuh akan melakukan ovulasi (melepas sel telur) ketika merasa tubuh sudah sehat. Daripada melepaskan sel telur, tubuh lebih fokus menyembuhkan dirinya lebih dulu. Dan Ketika sudah sehat, tubuh akan melanjutkan siklus reproduksi ini.

4. Kurang makan atau diet ketat

Nutrisi yang cukup dibutuhkan jika ingin hamil atau menyiapkan calon bayi. Jika terlalu kurus dan kurang gizi, tubuh sekali lagi akan fokus membuat dirinya sndiri sehat lebih dulu. Kurangnya nutrisi secara otomatis menurunkan kesuburan tubuh dan menurunkan kualitas sel telur.

5. Olahraga terlalu keras

Olahraga dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan namun jika berlebihan dan terlalu keras, tubuh tidak memiliki waktu untuk istirahat dan memulihkan ototnya sehingga mengalami stres tinggi. Menstruasi bisa tertunda karena aktivitas fisik yang berlebihan.

6. Kegemukan atau obesitas

timbangan berat badan
ilustrasi timbangan berat badan/copyright By VGstockstudio from Shutterstock

Sama halnya jika terlalu kurus, terlalu gemuk juga tak baik. Perempuan gemuk cenderung mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar karena masalah hormon. Penumpukan lemak dan kurangnya olaharaga juga memengaruhi tingkat kesuburan perempuan.

7. Minum pil KB atau obat tertentu

Pengaruh obat-obatan tertentu juga bisa menggangu siklus menstruasi. Jika minum pil KB, efeknya memang bermacam-macam pada tubuh dan obat yang mengendalikan hormon ini bisa mengacaukan silus menstruasi. Jika sedang menjalani pengobatan, obat tertentu juga bisa penyebab berhentinya menstruasi. Coba konsultasikan dengan dokter.

Itu sekian alasan tubuh telat menstruasi. Secara umum, tubuh sangat cerdas mengatur siklus menstruasimu berdasarkan kesehatan dan kondisi tubuh, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓