Sit Up VS Crunch, Mana yang Lebih Baik?

Febi Anindya Kirana09 Feb 2020, 09:15 WIB
crunch

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan tentu menginginkan perut rata tanpa lemak, gelambir, atau pun buncit. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan adalah sit up dan crunch. Tapi manakah yang lebih baik?

Meski dilakukan dalam posisi awal yang sama, nyatanya gerakan keduanya berbeda. Keduanya sebenarnya olahraga yang baik menyasar otot perut untuk dilatih lebih intens. Jika ingin mengetahui mana yang lebih baik, simak perbedaannya berikut ini.

SIT UP

Dengan posisi kedua lutut ditekuk dan kedua tangan di belakang kepala, gerakan sit up secara umum mengangkat tubuh hingga posisi duduk. Latihan intens ini menyasar bukan hanya otot perut, tapi juga otot pinggul, dada, leher, punggung bawah, serta otot-otot di kaki bagian bawah seperti pantat, paha dan kaki.

Latihan ini secraa otomatis lebih keras dibandingkan crunch. Meskipun olahraga ini mampu meningkatkan postur tubuh namun jika tidak dilakukan dengan benar bisa berisiko menimbulkan cedera punggung. Itulah mengapa laihan ini mulai dikurangi bakan dihilangkan dalam latihan rutin tentara Amerika sejak beberapa tahun lalu.

CRUNCH

olahraga sit up
ilustrasi perempuan olahraga/Photo by Jonathan Borba from Pexels

Crunch secara umum adalah setengah sit up dan lebih mengutamakan melatih dan menahan otot perut. Ketika sebagian besar tubuh tetap berada di lantai dan hanya mengangkat kepala dan kedua tangan di belakang kepala. Latihan yang tampak mudah ini sangat berpengaruh pada pembentukan otot perut.

Dibandingkan sit up, crunch merupakan latihan lebih baik jika hanya ingin melatih otot perut agar mendapat perut rata. Risikonya juga lebih ekcil mengalami cedera karena tidak memberikan tekanan pada pinggul dan tulang belakang. Latihan ini lebih aman dilakukan terutama untuk perempuan.

Jadi, kini sudah tahu mana olahraga yang lebih baik untuk dilakukan jika ingin mendapatkan perut rata kan, Sahabat Fimela?

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓