Ini Penyebab Bumbu Langu dan Tips agar Bumbu Tidak Langu

Febi Anindya Kirana06 Feb 2020, 12:45 WIB
rica-rica

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang yang suka makanan pedas mungkin bisa menilai mana bumbu yang enak dan tidak. Terkadang ketika masak makanan pedas kita tidak sadar bahwa bumbunya terasa langu setelah matang.

Apa yang menyebabkan bumbu terasa langu? Biasanya adalah kurang matang atau tanak. Ini caranya membuat bumbu pedas rica-rica tidak langu dan rasanya bisa keluar sedap.

1. Ditumis hingga matang

Penyebab utama bumbu langu adalah bumbu kurang matang. Bumbu harus ditumis hingga matang lebih dulu. Seringkali orang buru-buru memasak tanpa memperhatikan apakah bumbu sudah benar-benar matang atau belum. Sekedar tercium aroma harum atau sedap saja tidak cukup. Bumbu harus matang, tandanya adalah berubahnya warna bumbu menjadi lebih gelap atau pekat. Untuk mengetahui sudah matang atau belum, ambil sedikit dan rasakan.

2. Perbandingan bumbu yang tidak pas

bumbu balado
ilustrasi bumbu sambal balado/copyright by Kravtzov (Shutterstock)

Bumbu yang langu biasanya juga terjadi ketika perbandingan bahan tertentu tidak seimbang, entah salah satu atau dua bahan kebanyakan atau kurang, maka rasanya juga akan timpang. Misalnya terlalu banyak jahe atau yang lainnya. jadi pasatikan bumbu tertentu dengan rasa yang kuat tidak ditambahkan terlalu banyak.

3. Menambahkan air atau bahan lain sebelum bumbu matang

Ketika menumis bumbu, jangan menambahkan apa pun sebelum bumbu benar-benar matang karena ini salah satu penyebab bumbu langu. Ketika menambahkan air atau bahan utama masakan seperti ayam atau daging, maka suhu panas yang ada di dalam masakan akan lebih fokus mematangkan air dan ayam tersebut, bukan bumbunya.

Itu dia sekian penyebab bumbu masakan langu dan cara mengatasinya agar bumbu masakan tidak langu dan menguar sedap.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓