Jadi Baik Itu Harus, Tapi Jangan Lemah dan Terjebak Toxic

Febi Anindya Kirana06 Feb 2020, 14:25 WIB
lepas dari toxic people

Fimela.com, Jakarta Banyak orang tak sadar dirinya terjebak toxic people, bahkan jika itu pasangannya sendiri. Ketika dibutakan cinta, orang sering tak bisa membedakan mana perlakukan yang pantas ia dapat dan mana yang tidak.

Hal ini seringkali terjadi terhadap orang-orang baik yang mudah menoleransi perlakukan orang. Agar tidak diperlakukan buruk lagi, ini caranya menjadi orang baik tapi tetap tahu cara menghargai diri sendiri.

1. Jangan hanya diam saat diperlakukan tak baik

Apakah ia memperlakukanmu dengan buruk? Suka merendahkan, meremehkan atau bahkan melecehkanmu? Jangan hanya diam dan menerimanya. Kamu perlu tegas membela diri sendiri. Siapa dia berani memperlakukanmu dengan buruk? Tinggalkan saja.

2. Tentukan standar yang tinggi untuk dirimu sendiri

menahan emosi
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Raka Miftah from Pexels

Demi tidak terjebak toxic lover atau toxic people, orang pelru menyadari lebih dulu bahwa ia pantas menerima yang lebih baik, bahwa tidak ada seorang pun yang pantas mendapat perlakukan buruk, tidak dirimu tidak juga orang lain. Jika kamu memperlakukan orang dengan baik, maka sudah selayaknya kamu ingin diperlakukan baik.

3. Kamulah yang memegang kendali hidupmu

Kamu harus tahu bahwa dirimulah 'Tuhan' dalam hidupmu sendiri, kamu tak butuh orang lain untuk mengendalikan hidupmu. Sadari bahwa segala pilihan dan keputusan harus berdasarkan hatimu dan demi kebaikanmu karena pada akhirnya kamulah yang akan menanggung konsekuensi atas apa yang kamu lakukan.

4. Kamu punya hak berpendapat

bahagia
ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by Conner Ching on Unsplash

Meski menjadi pendengar yang baik, bukan berarti kamu jadi sosok pasif yang penurut dan mengikuti segala opini orang lain. Kamu memiliki pemikiran dan opinimu sendiri, dan berjalanlah dengan hal itu. Hanya ikuti opini yang baik dan membuatmu berkembang, bukan yang menjatuhkan.

Ada banyak sekali cara agar bisa tetap baik tapi tahu batasan kapan harus berdiri di kakimu sendiri dan tidak jadi lemah. Terapkan saja beberapa poin di atas, dan jika merasa sedang berada dengan toxic people atau toxic lover, let them go.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓