Kreativitas Bisa Datang dari Situasi yang Seperti Ini

Endah Wijayanti07 Feb 2020, 07:45 WIB
menjadi psikolog

Fimela.com, Jakarta Bagi yang berkarier atau bekerja di dunia kreatif, ada kebutuhan bagi kita untuk bisa senantiasa meningkatkan kreativitas dari waktu ke waktu. Ada kebutuhan untuk bisa menghasilkan atau melakukan sesuatu yang baru. Memunculkan ide-ide unik dan menarik untuk membuat karya atau produk baru.

Untuk memunculkan kreativitas, perlu "situasi" tertentu. Melansir buku Mendaki Tangga yang Salah, kajian demi kajian telah menunjukkan bahwa kreativitas datang dari keadaan rileks, bukan stres atau keletihan kerja. Tak heran bahwa waktu kreatif kita bisa datang jauh sebelum kita tiba di kantor (bagi yang bekerja di perusahaan atau bekerja sebagai karyawan). Kebanyakan orang mendapatkan gagasan terbaiknya ketika mandi.

Situasi yang Rileks

Scott Barry Kaufman dari University of Pennsylvania menemukan bahwa 72% orang mendapat gagasan baru ketika mandi, yang artinya jauh lebih banyak daripada ketika mereka berada di tempat kerja. Mengapa hal itu bisa terjadi? Hal ini karena mandi membuat kita rileks. Situasi yang rileks sangat membantu kita untuk meningkatkan daya kreativitas.

Keluar dari Keadaan Tegang

perempuan milenal
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Sulit bagi sebagian besar orang untuk menemukan ide-ide kreatif bila dirinya dalam keadaan tertekan atau tegang. Lingkungan yang sibuk dan serbacept di banyak tempat kerja jelas bertentangan dengan pemikiran kreatif. Teresa Amabile dari Harvard menemukan bahwa di bawah tekanan waktu yang sangat tinggi, kita memiliki kemungkinan 45% lebih kecil untuk memunculkan solusi yang kreatif.

Untuk bisa menjadi kreatif, kita perlu keluar dari keadaan tegang. Pada momen yang lebih santai dan rileks, kita bisa lebih mudah meningkatkan daya kreativitas kita. Terlalu stres justru akan menghambat kreativitas kita.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓