Agar Produktivitas Meningkat saat Bekerja di Pagi Hari, Perhatikan Hal Ini

Endah Wijayanti07 Feb 2020, 08:15 WIB
pedalaman

Fimela.com, Jakarta Masing-masing orang punya kebiasaan sendiri dalam bekerja. Jam kerja pun bisa berbeda satu sama lain. Ada yang terbiasa bekerja pada malam hari, ada juga yang lebih suka bekerja pada pagi hari. Bagi yang bekerja di perusahaan, biasanya mau tak mau harus mengikut jam kerja yang ada.

Bagi yang punya rutinitas bekerja pada pagi hari, ada tips yang bisa dicoba untuk memaksimalkan produktivitas bekerja pada pagi hari ini. Jam-jam pagi hari bisa menjadi masa yang paling produktif untuk bekerja. Produktivitas tertinggi bisa didapatkan dengan memilih jam kerja yang tepat.

Dua Jam Pertama

perempuan milenal
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Melansir buku Mendaki Tangga yang Salah, Profesor Duke bernama Dan Ariely memaparkan, "Ternyata sebagian besar orang memiliki produktivitas tertinggi pada dua jam pertama di pagi hari. Bukan langsung sesudah bangun, tetapi jika Anda bangun pukul 7, Anda akan paling produktif pada pukul 8 sampai 10.30." Untuk itu, dua jam pertama ini sebaiknya jangan disia-siakan.

Suasana hati pada pagi hari juga memengaruhi kinerja kita sepanjang hari. Bayangkan bila pada pagi hari kita sudah uring-uringan, marah, atau memiliki emosi yang tidak stabil, maka sisa hari tersebut akan membuat kita sulit fokus atau bekerja dengan baik. Apalagi kalau masih pagi kita sudah merasa letih (misalnya karena kurang tidur), maka kinerja kita bisa makin kurang optimal.

Bagi yang punya rutinitas bekerja pada pagi hari, coba maksimalkan dua jam pertama bekerja. Dari situ, nanti kita bisa lihat hasilnya dengan produktivitas atau kinerja yang dapat lebih baik.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓