Sukses

Lifestyle

6 Tips Traveling Aman Saat Virus Corona Merajalela

Fimela.com, Jakarta Selain Wuhan, beberapa negara melaporkan kasus-kasus suspek virus corona baru serupa di antaranya Singapura, Seoul, Thailand, dan Hong Kong. Singapura dan Bangkok diketahui memiliki penerbangan langsung ke Wuhan. 

WHO menginformasikan ada satu kasus di Thailand, terdeteksi virus baru yang berasal dari penumonia di Tiongkok. Kasus tersebut merupakan traveler dari Wuhan, Tiongkok.

Berdasarkan data dari United Nations Maret 2018, terdapat banyak negara atau tempat yang menjadi tujuang pengunjung dari Wuhan. Di antaranya Bangkok, Hong Kong, Tokyo, Singapura, Denpasar, Macau, Dubai, Sydney, dan masih banyak lagi.

Namun WHO belum merekomendasikan secara spesifik untuk traveler atau restriksi perdagangan dengan Tiongkok. Sementara Indonesia sudah mengeluarkan pelarangan penerbangan ke Cina.

 

Travel Advice

Terkait hal tersebut, Perhimpuan Dokter Paru Indonesia menyarankan beberapa hal, termasuk di dalamnya travel advice;

1. Hindari menyentuh hewan atau burung

2. Hindari mengunjungi pasar basah, peternakan, atau pasar hewan hidup.

3. Hindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran napas.

4. Patuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan kebersihan. 

5. Jika merasa kesehatan tidak nyaman ketika di daerah outbreak terutama demam dan batuk, gunakan masker dan cari layanan kesehatan.

6. Setelah kembali dari daerah outbreak, konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain dan beritahu dokter riwayat perjalanan serta gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit.   

 

Simak juga video berikut:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading