Sukses

Lifestyle

Tips Menggunakan Masker untuk Menghindari Tertularnya Penyakit

Fimela.com, Jakarta Menggunakan masker saat berada di luar ruangan memanglah penting. Hal ini dikarenakan masker dapat mencegah penularan penyakit.

Menurut sejumlah penelitian menggunakna masker mulut dapat mencegah menularkan atau tertular penyakit seperti flu, batik, ISPA, hingga virus corona yang sedang mewabah di berbagai negara.

Bahkan, penggunaaan masker sendiri dapat melindungi wajah dari efek negatif sinar matahari dan polusi. Namun sayanganya, masih banyak orang yang salah dalam menggunakan masker.

Lalu bagaimana cara yang benar menggunakannya? dr. Spesialis Mikrobiologi RSUI, dr. R. Fera Ibrahim, M.Sc., Ph.D., Sp.MK(K) menyampaikan tips menggunakan masker dengan benar. Simak ulasannya.

Tips

1. Pasang masker dengan benar sesuai jenis masker, seperti contoh masker bedah yang sering kita gunakan. Cara benar menggunakannya, ada dua bagian pada makser, warna hijau taruh di bagian depan dan warna putih di bagian belakang. Gunakan menutupi hidung, tekan kawat pada maksermu. Dan pastikan pas di wajahmu.

2. Jika masker basah atau kotor sebaiknya langsung diganti, secara reguler makser diganti setiap 2-4 jam karena efek proteksinya terbatas.

3. Buang masker yang telah digunakan

4. Setelah masker terpasang dengan benar, jangan menyentuh masker palagi sebelum cuci tangan.

5. Lakukan cuci tangan setelah membuka masker.

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading