Tips Mengendalikan Keuangan untuk Masa Depan

Gayuh Tri Pinjungwati10 Feb 2020, 19:15 WIB
uang

Fimela.com, Jakarta Mengendalikan keuangan memang sulit bagi sebagian orang, terutama bagi perempuan. Ada banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi. Padahal mengendalikan keuangan untuk untuk masa depan mamang sangat penting di lakukan.

Mengendalikan keuangan dapat dilakukan dengan mudah, ketika sudah terbiasa dengan kegiatan itu. Jangan sampai gaji hanya numpang lewat yang tidak bisa kita nikmati untuk masa depan. Nah, supaya dapat mengendalikan keuangan dengan mudah, FIMELA memiliki tips menarik mengendalikan keuangan untuk masa depan.

Hemat

Hemat tidak harus dengan gigit jari. Menghemat bukan hal yang menyakitkan. Usahakan untuk membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan. Hindari untuk melakukan belanja online, yang akan memberatkanmu pada ongkos kirim. Manfaatkan promo yang berlaku untuk belanja. Namun tetap kendalikan pengeluaran dengan baik.

Siapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat memang sangat perlu. Hal ini menghindari ketika Sahabat Fimela mengalami kesulitan dadakan. Ketika terdapat dana darurat tentunya akan meringankan kita ketika mengalami suatu hal diluar dugaan secara mendadak, misalnya seperti saat kita mengalami sakit secara tiba-tiba.

 

Hindari Menghutang

Menabung
Ada banyak keuntungan yang akan diperoleh dengan menjadi Teman Treasury.

Tak memiliki uang membuatmu memilih hutang kepada temanmu atau mungkin melakukan pinjaman kepada bank. Hal ini dapat menyulitkan dirimu, ketika mengutang di bank pasti akan dibebani dengan bunga yang tidak sedikit. Daripada untuk membayar hutang, bukankah lebih baik ditabung? Usahakan untuk menhindari budaya menghutang.

Hidup Sederhana

Hidup sederhana dapat dilakoni untuk mengendalikan keuangan untuk masa depan. Jangan berpikir bahwa hidup sederhana adalah orang yang tidak memiliki apa-apa. Justru Sahabat Fimela dapat belajar dari orang-orang yang memiliki kehidupan yang sederhana. Jangan mengikuti gengsi yang hanya membawamu pada titik sulit.

Sangat penting untuk mengendalikan keuangan, pikirkan masa depan. Mungkin saja ini dapat membantu Sahabat Fimela untuk mengumpulkan pundi-pundi untuk modal menikah atau memenuhi kebutuhan anak yang akan datang.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓