5 Tanda Dirimu Sendiri yang Membiarkan Orang Lain Memperlakukanmu Buruk

Febi Anindya Kirana10 Feb 2020, 19:04 WIB
perempuan sedih

Fimela.com, Jakarta Dirimu mungkin berpikir selama ini diperlakukan buruk, orang eakan tak pernah menghargaimu dan merehkanmu. Mungkin itu tak sepenuhnya salah, namun benarkah kamu yakin itu tidak dipicu oleh dirimu sendiri? Karena terkadang tanpa disadari kita sendiri yang ternyata selama ini membiarkan orang lain memperlakukan kita dengan buruk. Ini tanda-tandanya.

1. Terlalu baik

Tidak ada yang salah dengan menjadi orang baik, hanya saja ketahui batasannya. Segala hal yang berlebihan itu tak baik, termasuk baik pada orang. Bukan hanya bisa dengan mudah dimanfaatkan, terlalu baik pada orang lain juga bisa membuatmu terjebak masalah karena orang dengan mudah menuduhmu tanpa kamu mengelaknya.

2. Selalu bersedia membantu orang lain

mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan self love/Photo by Cxpturing Souls from Pexels

Membantu orang lain seperlunya saja, jangan segalanya kamu berikan karena kamu ingin bersikap baik. Karena kamu tak pernah tahu bagaimana karakter sebenarnya seseorang dan mereka bisa berubah kapan saja. Seorang teman bisa saja meminjam uang padamu sekarang dan berjanji mengembalikannya dengan cepat, tapi ternyata ia tak bisa dihubungi sama sekali.

3. Terlalu sering bilang 'tak masalah'

Jangan berkompromi dengan kondisi yang tak menyenangkan. Penting bersikap vokal, mengungkapkan pendapat dan kemauanmu terhadap sesuatu. Terlalu sering mengatakan 'tak apa', 'tak masalah' atau 'terserah' hanya akan membuat orang lain menganggapmu memang mau menerima apa saja. Jangan heran jika kamu menyesal belakangan.

4. Mendahulukan kepentingan orang lain

mencintai diri sendiri
ilustrasi mencintai diri sendiri/Photo by Muhammad Ruqiyaddin on Unsplash

Kepentinganmu lebih penting dari orang lain, ini yang pelu ditekankan. Merasa simpati dan empati itu perlu, tapi jangan jadi bodoh dan mengorbankan kepentingan pribadi demi orang lain, apalagi jika orang lain itu tidak begitu dekat denganmu. Hidupmu tak akan tenang hanya karena berusaha baik. Such a waste of time.

5. Mengabaikan perlakukan buruk orang padamu

Kamu mudah menganggap tak masalah perlakukan buruk orang lain. Seperti misalnya mendahului barisan antrianmu, kamu berpikir orang lain pasti tak sengaja melakukannya atau mereka buru-buru. Setiap hal perlu disikapi dengan adil, jadi jangan menoleransi sikap buruk orang lain.

Jadi, apakah sekian poin di atas kamu miliki saat ini? Jika iya, berarti selama ini kamulah yang membiarkan orang lain memperlakukanmu dengan buruk.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓